Program Studi Profesi Insinyur

Profil

Keberlanjutan pembangunan suatu negara membutuhkan kecukupan jumlah insinyur profesional yang berkualitas. Untuk mewujudkan ketersediaan insinyur profesional yang berkualitas, pemerintah Indonesia telah menetapkan Undang Undang No 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Untuk melaksanakan UU 11/2014 Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah memberi kepercayaan kepada Yayasan Widya Mandala Surabaya yang menaungi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)  sebagai salah satu penerima mandat penyelenggara Program Studi Profesi Insinyur (PSPI) yang dituangkan  dalam  Surat Direktur Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomer 678/C.C4/KL/2016 tangal 11 April 2016 tentang Penugasan penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur pada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomer 594/KPT/I/2017 tanggal 23 Oktober 2017 tentang  Izin Pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur Pada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Mandat Pemerintah Indonesia ini disambut dengan penuh tanggung jawab  oleh Yayasan Widya Mandala Surabaya dan UKWMS. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan nilai keutamaan UKWMS yakni peduli, komit dan antusias (PeKA). Untuk itu Yayasan Widya Mandala Surabaya menetapkan penyelenggaraan PSPPI di UKWMS di bawah naungan Fakultas Teknik, dan diresmikan pada hari Sabtu, tanggal 28 April 2018 di UKWMS kampus Pakuwon City. PSPPI mulai kuliah Tanggal 16 Agustus 2018 yakni pada tahun akademik 2018/2019.

Visi Misi

Visi
Menjadi pusat pembelajaran dan riset di bidang teknik yang unggul dan terbuka serta dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip agama Katolik.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan riset dalam bidang teknik yang unggul dan terbuka terhadap perubahan dan menanamkan sikap pelayanan pada golongan lemah serta solidaritas yang tinggi.

Akreditasi

insert konten here

Daftar Staff

insert konten here

Kurikulum

Kurikulum PSPI dituangkan dalam mata kuliah sebagai berikut:
1. Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 SKS)
2. Profesionalisme (2 SKS)
3. Keselamatan, Kesehatan dan Keamanan Kerja dan Lingkungan (2 SKS)
4. Studi Kasus (4 SKS)
5. Seminar dan Workshop (2 SKS)
6. Praktik Kerja Keinsinyuran (12 SKS) meliputi:
       Filosofi Keinsinyuran di Industri
       Arah Perkembangan Industri dan Status
       Sistem Industri (Engineering)
       Permasalahan Keinsinyuran
       Tugas Mengatasi Masalah
       Penulisan Praktik Keinsinyuran

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Program Studi Profesi Insinyur UKWMS memiliki beberapa keunggulan, yakni:

  1. Didukung oleh dosen-dosen lulusan dari perguruan tinggi di luar dan dalam negeri yang berkualifikasi Doktor (S-3) dan Magister (S-2) serta bersertifikat minimal Insinyur Profesional Madya (IPM) serta praktisi yang ahli dibidangnya.
  2. Pembelajaran dilakukan secara daring.
  3. Telah terakreditasi oleh BAN PT.

Prospek Karir

Lulusan PSPPI dengan gelar profesi Insinyur (Ir.) merupakan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu menangani proyek/ kegiatan keinsinyuran sesuai dengan Undang-undang Keinsinyuran nomer 11/2014. Kebutuhan akan sumber daya manusia dengan profesi insinyur sangat tinggi di Indonesia untuk menyukseskan Making Indonesia 4.0. Selain itu lulusan PSPPI yang sudah profesional diakui kualifikasinya di negara-negara ASEAN. Hal ini mengindikasikan lulusan PSPI UKWMS memiliki prospek yang sangat bagus.

Fasilitas dan Laboratorium

Laboratorium

  1. Laboratorium Jurusan Teknik Elektro
  2. Laboratorium Jurusan Teknik Kimia
  3. Laboratorium Jurusan Teknik Industri
  4. Laboratorium Fakultas Teknologi Pertanian

Fasilitas lain di Program Studi

Perusahaan tempat magang yang sudah bekerja sama dengan UKWMS

Kontak Kami

Program Studi Profesi Insinyur
Fakultas Teknik
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan no.37 Surabaya
WhatsApp. +62 81328702448

[email protected]