Company Visit (PT. Amerta Indah Otsuka)

Company Visit (PT. Amerta Indah Otsuka)

(UKWMS-10/11/2016) Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Industri (HMJ-TI) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada tanggal 23 September 2016, HMJ-TI membawa rombongan mahasiswa Teknik Industri (TI) angkatan 2015 dan 2016 yang didampingi oleh tiga orang dosen TI yaitu Ir. Hadi Santosa, M.M., Julius Mulyono S.T. M.T. , dan Luh Juni Asrini , S.Si., M.Si mengunjungi PT. Amerta Indah Otsuka (AIO) dan dilanjutkan Industrial Education di Resi Aloysi Pacet Claket. Sambutan diberikan oleh PT AIO lewat sesi seminar yang dilaksanakan pada awal kunjungan. Pada sesi itu dijelaskan berbagai macam perkembangan sejarah PT. AIO, tiga video sejarah dan perkembangan menjadi pembukaan yang menarik dan menambah wawasan yang lebih seputar PT. AIO. Setelah pemutaran video pendek, terdapat sesi pertayaan yang dibuka untuk mahasiswa TI, keaktifan mereka terbukti dari berbagai macam pertanyaan yang terlontar. Muncullah topik menarik seperti seputar sejarah pabrik, metode kerja, dan pengetahuan mengenai pengolahan limbah yang berada di PT. AIO.

Sejam setelah seminar berlangsung, para mahasiswa TI UKWMS langsung diajak untuk berkeliling ke area produksi (Plan Tour). Pada tahap ini salah satu pembicara menjelaskan proses-proses produksi kepada mahasiswa TI mulai dari bahan mentah hingga menjadi produk seperti minuman isotonik Pocari Sweat. Company visit (Kunjungan Perusahaan) berakhir setelah mahasiswa mengikuti Plan Tour. Meskipun begitu singkat tetapi berdampak luar biasa bagi dosen beserta mahasiswa TI 2015 & 2016. “Menurut saya kunjungan pabrik kali ini sudah sangat baik, kita bisa belajar ilmu-ilmu Teknik industri yang diaplikasikan di pabrik AIO sendiri. Kita jadi mengetahui bagaimana sistem kerja, kondisi & situasi kerja. Menurut saya belajar di kelas itu masih kurang, kita juga perlu belajar secara langung pada objek terutama seperti di PT. AIO sendiri. Harapan saya semoga kunjungan pabrik sering dilaksanakan,” tanggap Steven Wijaya (mahasiswa Teknik Industri angkatan tahun 2015).

Hadi, selaku salah satu dosen pendamping Company Visit kali ini menyebutkan bahwa PT. AIO merupakan salah satu pabrik yang sudah baik dari segi ketertiban. Di lokasi pabrik terdapat jalur pejalan kaki yang mengharuskan pengunjung melewati jalan yang telah ditentukan. Ia juga memberikan sedikit komentar mengenai kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya suatu kedisiplinan. “TI merupakan jurusan memiliki andil cukup besar khususnya di bidang perindustrian. Saya senang karena ini salah satu pabrik yang terlihat sudah cukup tertib, jalur keselamatannya juga terlihat baik dan ketertiban ini menurut saya sangat perlu untuk orang-orang Indonesia. Terkadang orang Indonesia masih seenaknya saja dengan hal-hal kecil, tadi kita juga melihat contoh pabrik yang tertib, bersih dan sempat juga melihat efektifitas dan keefisienan penggunaan energi dan penataan mesin. Itu adalah salah satu kewajiban yang harus dikuasai oleh jurusan TI. Jadi peran TI di pabrik adalah mencoba mencari berbagai masalah yang ada dan harus memberikan solusi yang optimal terutama untuk memajukan perusahaan itu sendiri,” ujar Hadi.

Tak hanya memberikan tanggapan seputar kunjungan pabrik, Hadi juga memiliki harapan-harapan terhadap mahasiswa TI UKWMS. Menurutnya kemampuan mahasiswa jika sering diasah maka secara otomatis akan meningkat, walau untuk saat ini masih wajar jika mahasiswa belum mengenal banyak yang namanya Teknik Industri. Semoga seiring berjalannya waktu, pola pikir tersebut terbentuk dan terasah lebih dalam lagi lewat hardskill dan softskill dari berbagai mata kuliah yang disematkan di Jurusan TI UKWMS. (Christoforus Angelus Wijaya)