FKIP UKWMS Kembali Raih Hibah PDS

FKIP UKWMS Kembali Raih Hibah PDS

(UKWMS-11/7/2019) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FKIP UKWMS), kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk menerima dana hibah. Melanjutkan dari tahun sebelumnya, kali ini Hibah Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) Skema B tahun 2019 akan dilaksanakan. Skema B adalah program lanjutan dari PDS di tahun 2018, sehingga dosen yang telah mengikuti di tahun sebelumnya akan melanjutkan pembelajarannya di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) masing-masing. Sedangkan untuk dosen yang baru bergabung di program PDS tahun ini, diwajibkan melaksanakan pembelajaran bersama guru mitra di sekolah mitra PDS.

Untuk menjabarkan secara teknis program PDS yang akan berlangsung, FKIP menggelar sosialisasi bersama para guru dari sekolah mitra. Sosialisasi dan koordinasi diadakan pada Kamis, 11 Juli 2019 di Ruang Pelatihan, Gedung Bartolomeus Kampus UKWMS Kalijudan. Para perwakilan dari sekolah mitra yakni SMAK Santa Agnes Surabaya, SDK Santa Theresia 2 Surabaya dan SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya hadir pada acara sosialisasi ini. Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor I UKWMS,  Drs. Y.G. Harto Pramono , Ph.D. “Saya harap dengan adanya program PDS ini para dosen dan guru dapat bersinergi untuk dapat meningkatkan mutu belajar di sekolah,”ucapnya.

Program PDS sendiri merupakan program dari Kemenristekdikti bagi para dosen untuk mengetahui pengalaman mengajar di sekolah, sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa yang menjadi calon guru. Pada saat program berlangsung, dosen harus melihat, menghayati, dan berkontribusi pada praksis pembelajaran di sekolah. Namun bukan berarti dosen ambil alih terhadap tugas guru sebagai pengajar, dosen hanya mendampingi guru sebagai co-teaching­ (rekan mengajar).

Nantinya akan ada lima dosen UKWMS yang berada di tiga sekolah mitra, dan sepuluh dosen yang mengikuti program sebelumnya menjadi tutor di fakultas dengan membagikan pengalamannya.  “Melanjutkan program PDS dari Dikti ini membuat kami merasa terhormat. Diharapkan dengan kehadiran dosen akan membuat inovasi dan inspirasi bagi para pengajar di sekolah,” ucap Dr. V. Luluk Prijambodo, M.Pd., selaku Dekan FKIP UKWMS yang juga mengikuti program PDS Skema B ini. (red1)