Kunjungan SD Xin Zhong: Belajar Mengenal Tanaman

Kunjungan SD Xin Zhong: Belajar Mengenal Tanaman

(UKWMS-21/3/2016) – Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) mendadak ramai dengan anak-anak karena mendapat kunjungan dari SD Xin Zhong. Kegiatan kunjungan ini bukanlah yang pertama, FF UKWMS pernah mendapat kunjungan yang sama pada tahun sebelumnya. Kunjungan ini diadakan berkenaan dengan adanya mata pelajaran Kunjungan Lapangan oleh peserta didik Sekolah Dasar Xin Zhong. Tema kunjungan tahun ini adalah Tanaman Obat.

Sambutan pembukaan disampaikan oleh Dr. Lannie Hadisoewignyo, M.Si., Apt. selaku Wakil Dekan I FF UKWMS. Ia berujar, “moment kunjungan ini sangat berharga untuk mengenalkan lingkungan perguruan tinggi sejak dini. Khususnya saat ini bagi adik-adik yang mengunjungi Fakultas Farmasi, kalian akan melihat di masa depan mahasiswa lulusan Fakultas Farmasi atau yang dikenal farmasis bukanlah penjaga toko obat atau orang yang menjual obat saja, melainkan memiliki banyak peranan misalnya memberi konseling cara penggunaan obat yang baik”.

Sesuai tema ‘Tanaman Obat’ tahun ini peserta didik berkunjung dan belajar di dalam Laboratorium Botani Farmasi untuk melihat sel tanaman-tanaman obat. Mereka lalu belajar membuat pembatas buku cantik dari herbarium di Laboratorium Fitokimia, dilanjutkan dengan melihat dan mengenal tanaman di greenhouse FF UKWMS, serta membuat handsanitizer di Laboratorium Solida.DSCN1079

Peserta didik dibagi dalam 3 kelompok besar yang kemudian dibagi lagi dalam kelompok kecil untuk mengamati sel tanaman dan membuat handsanitizer beraroma leci. “Kak, boleh saya buat untuk papa mama?” cetus salah satu siswi dengan gembira. Mereka nampak senang dan bersemangat membuat handsanitizer dan pembatas buku herbarium hasil olah tangan mereka sendiri.

Jefri Prasetyo, S.Farm.,Apt selaku Ketua Pelaksana juga menegaskan,”kegiatan ini selain memperkenalkan tentang tanaman obat kepada adik-adik SD Xin Zhong, juga merupakan bentuk pengabdian masyarakat oleh Fakultas Farmasi UKWMS. Pada kesempatan ini peserta didik belajar mengenal tanaman-tanaman obat dengan melihat bentuk selnya, menjadikan herbarium pembatas buku cantik serta belajar menerapkan pola hidup sehat dengan membuat handsanitizer,” ujar Jefri.

Melalui kerjasama ini diharapkan hubungan kedua belah pihak dapat tetap terjalin dengan baik dan harapan dan anak-anak mendapatkan manfaat dengan mengenali tanaman-tanaman obat-obatan yang ada di sekitar mereka. (Anggi Wedo/ Red)