Invest Now for A Brighter Future

(UKWMS – 17/04/16) Data terakhir di Indonesia menunjukan bahwa 63,97% kepemilikan saham dikuasai oleh investor asing. Sebagai investor muda, sudah selayaknya kita ikut terjun dalam pasar modal di Indonesia. Mengapa? “Bila suatu ketika, investor asing menarik seluruh modalnya di Indonesia, maka akan terjadi kenaikan kurs yang tidak dapat dikontrol oleh Indonesia sendiri. Maka sebagai kaum muda, sudah selayaknya kita membantu dengan turut meramaikan pasar modal di Indonesia,” tutur Andreas Halim yang menjadi Master of Ceremony (MC) pada pembukaan acara WM Stock Trading Challenge 2K16.

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki progam ‘Yuk Nabung Saham’ dengan melakukan edukasi kepada kaum muda. Tujuan BEI bukan hanya untuk mencetak investor sebanyak mungkin, namun juga berupaya menanamkan kebutuhan berinvestasi secara tidak langsung yang akan meningkatkan jumlah investor aktif di Indonesia. Dalam mencapai tujuannya, BEI bekerja sama dengan berbagai universitas, salah satunya Univesritas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Dalam kesempatan ini, UKWMS mengajak seluruh mahasiswa-mahasiswi yang berminat untuk bergabung dalam rangkaian acara WM Stock Trading Challenge 2K16. Acara diawali dengan sosialisasi dari BEI, dilanjutkan dengan simulasi trading yang mengajak salah perusahaan penyedia produk serta layanan sekuritas di Indonesia yaitu Sucor Invest. Kemudian dilengkapi dengan lomba trading bagi para peserta. Sosialisasi dan simulasi berlangsung pada tanggal 6-7 April 2016, yang terbagi menjadi 4 sesi yang dapat diikuti sesuai dengan waktu yang diinginkan oleh seluruh mahasiswa-mahasiswi UKWMS. Kegiatan dengan tema Invest Now for A Brighter Future ini diharapkan dapat memupuk minat para mahasiswa untuk mau dan berani berinvestasi pada pasar modal yang akan memberikan keuntungan baik secara langsung maupun di masa mendatang.

Pang Tek Djen mengajarkan penggunaan aplikasi trading saham
Pang Tek Djen mengajarkan penggunaan aplikasi trading saham

Pada beberapa sesi, Asikin selaku perwakilan dari BEI, memberikan sosialisasi kepada peserta tentang pengertian investasi dan berbagai instrumen pasar modal. Misalnya sekuritas yang ada di pasar ekuitas berupa saham yang dapat diperjual belikan. Dilanjutkan dengan simulasi trading yang dibimbing oleh Pang Tek Djen di ruang A301, kampus UKWMS Dinoyo. Ia menjelaskan mengenai keuntungan investasi yang akan didapatkan pemula, memberi pedoman kepada peserta sebelum membeli saham, dan mengajarkan peserta cara menggunakan aplikasi untuk bermain saham.

Rangkaian acara tersebut mendapatkan banyak apresiasi dari peserta. “Sebelumnya sangat awam dengan investasi pada pasar modal. Namun setelah simulasi trading, semakin tertarik untuk ikut bermain saham,” ucap Lidya Ratnasari, peserta WM Stock Trading Challenge 2K16. “Dengan adanya acara ini, saya mendapat gambaran bagaimana online trading itu,” ujar Bernard, mahasiswa jurusan Akuntansi.

Peserta belajar menggunakan aplikasi trading saham
Peserta belajar menggunakan aplikasi trading saham

Selama 8-14 April 2016, beberapa peserta mengikuti kompetisi stock trading dalam aplikasi khusus yang disediakan oleh Sucor Invest. Peserta dapat mulai bermain saham mengikuti jam operasi Bursa Efek Indonesia. Hari Senin – Kamis pukul 09.00-12.00 dan 13.30-16.00, serta untuk hari Jumat pukul 09.00-11.30 dan 14.00-16.00. Setelah kompetisi selesai, pada tanggal 15 April 2016 diumumkan pemenang lomba oleh panitia Galeri Investasi Widya Mandala. Juara pertama diraih mahasiswi jurusan Akuntansi yaitu Anastasia Marsha Natalia , juara kedua oleh Satria Jayadi mahasiswa jurusan IBM, dan juara ketiga menjadi milik Fransiska Indah Kurnia mahasiswi jurusan Akuntansi. (Yoan Faustin/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan Mental untuk Semua Orang

(UKWMS – 8/6/2024) – Kesehatan Mental atau mental health saat ini masih menjadi fokus kita bersama. Tidak sedikit pula yang masih bingung dengan deskripsi dan

Ilustrasi-artikel-Artikel-Hari-Pasar-Modal-Indonesia_oleh-Mohamed-Hassan-Pxhere

Hari Pasar Modal Indonesia

(UKWMS – 03/06/2024) Hari Pasar Modal Indonesia diperingati setiap tanggal 3 Juni. Pasar modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Selain

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan