Sukses Laksanakan Hibah Program PDS

Sukses Laksanakan Hibah Program PDS

(UKWMS-13/12/2019) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FKIP UKWMS) telah menyelesaikan Hibah Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) yang dipersiapkan sejak bulan Juni 2019. Pada Jumat (13/12) di UKWMS Kampus Kalijudan diselenggarakan seminar sebagai bentuk pelaporan hasil Program PDS tersebut, yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Dekan FKIP UKWMS, guru dari sekolah mitra dan juga dosen yang bergabung dalam program tersebut. “Kami ucapkan terima kasih dan selamat atas kesuksesannya, sungguh merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bagi UKWMS karena program PDS ini merupakan titipan dari Direktorat Pembelajaran,” ucap Wakil Rektor I UKWMS, Drs. Y.G. Harto Pramono, Ph.D., saat menyampaikan sambutan.

Program PDS skema B ini meliputi dua kegiatan inti, yaitu penugasan dosen yang belum mengikuti PDS di sekolah mitra dan penerapan PDS diperkuliahan oleh dosen yang telah mengikuti di tahun sebelumnya. Fokus program ini tertuju pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan Fisika, dan terdapat 12 dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan tiga  dosen dari Program Studi Pendidikan Fisika.

Adanya program ini membantu dosen dapat memahami apa yang harusnya menjadi fokus dalam pembelajaran juga melihat masalah di kelas dan mencari cara untuk mengatasinya dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tak hanya dosen, guru mitra pun terbantu dengan adanya program ini. Seperti dapat mengetahui apa yang harus dikembangkan dalam proses pembelajarannya, cara membuat pembelajaran dalam kelas tidak membosankan dan metode lainnya yang dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi kedua pihak.

“Dosen yang mengajar di kelas kami juga mengajarkan untuk memberi tanggapan dan saran untuk pekerjaan teman sendiri, kegiatan tersebut membantu kami dalam lebih mengerti dengan materi dan memahami mana yang benar dan salah,” ucap salah satu mahasiswa yang mengikuti kelas dosen yang menerapkan PDS.

Meskipun kegiatan ini dipersiapkan dengan waktu yang cukup singkat, namun para dosen yang berpartisipasi dalam program ini dapat memberikan hasil yang baik. Beberapa catatan terkait penyelenggaran program PDS juga akan terus dievaluasi, agar penyelenggaraan berikutnya lebih baik lagi.