(UKWMS – 20/01/2025) – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil melaksanakan program pengabdian masyarakat, yang berfokus pada peningkatan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UKM mebel di Jawa Timur. Program ini bermula dari konsultasi dengan pengurus Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jawa Timur. Diketahui beberapa permasalahan utama yang kerap dihadapi pelaku usaha mebel.
Di tengah iklim usaha yang makin kompetitif dan biaya produksi yang meningkat, pelaku usaha mebel di Jawa Timur perlu menguasai pemanfaatan teknologi digital. Tujuannya untuk mendukung kegiatan pemasarannya.
Keberadaan berbagai teknologi digital seperti platform media sosial Instagram, dapat dimanfaatkan pelaku usaha sebagai sarana yang efektif dan efisien untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri.
Program pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Juli-November 2024 bersama mitra UKM Sinar Mas Art di Bojonegoro. UKM Sinar Mas Art telah lebih dari sepuluh tahun menggeluti bidang produksi mebel jati berkualitas tinggi. Usaha ini telah berkembang lewat kegiatan pemasaran langsung maupun pameran di berbagai kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, dan Bandung.
Seiring perkembangan zaman, saat ini diperlukan upaya yang lebih intensif untuk memperkenalkan keunggulan produk. Serta memperluas pasar melalui teknik-teknik pemasaran menggunakan media sosial.
Tim pengabdian masyarakat UKWMS diketuai oleh Dr. Purnomohadi Sutedjo (Prodi Magister Manajemen) dan anggota Dr. Wahyudi Wibowo (Prodi Manajemen), Dr. Tigor Tambunan (Prodi Akuntansi), Irene Karijadi, Ph.D (Prodi Teknik Industri). Selain itu, turut dibantu dua mahasiswa Program International Business Management, yakni Marcellino Kristianto dan Nathanael Billy Hartono.
Tim UKWMS melaksanakan serangkaian tahapan kegiatan bersama UKM Sinar Mas Art. Diawali dengan workshop pemasaran media sodial, dimana materi tentang strategi konten, teknik fotografi produk, optimasi profil Instagram, dan penggunaan Instagram Ads diperkenalkan. Selanjutnya, dilaksanakan pendampingan pembuatan konten Instagram Ads. Tujuannya, untuk menghasilkan konten foto dan video produk yang menarik dan profesional.
Kegiatan berikutnya meliputi pelatihan penyusunan IG Ads Schedule, yakni teknik menjadwalkan penayangan konten iklan di akun Instagram dengan target audiens spesifik dan alokasi budget yang terukur.
Tahap terakhir, setelah penayangan konten iklan pada akun resmi milik UKM (IG: @ sinarmasart.bojonegoro), adalah kegiatan evaluasi dan monitoring. Tim UKWMS membantu melakukan monitoring secara berkala untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran digital yang telah diterapkan.
Berdasarkan hasil evaluasi, salah satu keberhasilan program ini adalah peningkatan brand awareness Sinar Mas Art sebagai produsen mebel jati berkualitas yang menggunakan bahan baku kayu jati bermutu tinggi dari Bojonegoro.
Selain itu, efektivitas pemasaran digital juga diukur dari animo pengunjung pameran Sinar Mas Art di mall Trans Studio Bandung. Melalui penerapan teknik IG Ads yang terukur, produk-produk mitra UKM berhasil menjangkau ribuan sasaran pelanggan baru serta memperoleh respon positif. Dengan memanfaatkan fitur analitik pada Instagram, Sinar Mas Art kini dapat memantau efektivitas IG Ads seperti jangkauan, tayangan, hingga rasio konversi, yang memberi panduan bagi strategi promosi berikutnya.
Pemilik mitra UKM, Edi Siswanto, mengungkapkan apresiasinya terhadap manfaat yang diperoleh dari program ini. “Program ini membantu kami memanfaatkan Instagram Ads untuk mempromosikan produk kami secara lebih luas,” ujarnya.
Keberhasilan program pengabdian masyarakat ini menjadi bukti nyata kontribusi UKWMS dalam mengembangkan kemajuan UKM di Jawa Timur. Melalui program pengabdian masyarakat ini diharapkan meningkatkan daya saing produk-produk UKM mebel Jawa Timur. (Wahyudi Wibowo/Red1/Red)