Beasiswa MBKM: Ilmu Gratis, Pengalaman Gratis, Why Not?

(UKWMS – 29/11/2022) – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada awal tahun 2020. MBKM membuka kesempatan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta (PTN/S) untuk mengikuti perkuliahan gratis melalui platform ICEI dan edX, di luar universitas asal.

Salah satu mahasiswa yang mendapat kesempatan ini adalah Melisa Tirto, mahasiswa semester lima dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Melisa mengaku mendapatkan informasi terkait program tersebut secara langsung oleh Wakil Dekan I Fikom UKWMS, Theresia Intan, S.Sos., M.Med.Kom.

Melisa membagikan pengalamannya selama mengikuti program ini, “Kalau ada ilmu gratis, pengalaman gratis, kenapa tidak? Mumpung masa kuliah, aku mau mendapatkan pengalaman dan pengetahuan sebanyak mungkin,” ungkap Melisa.

Melisa mendapatkan beasiswa MBKM di ICE Institute. Meskipun kelas berjalan secara daring, tetapi waktu dan durasi sangat menyesuaikan kegiatannya, “Selama ini kelas online, tapi waktu dan durasinya menyesuaikan. Cocok banget buat aku yang masih sibuk kegiatan kampus dan di luar kampus,” jelas Melisa.

Tentunya selain mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan suasana baru, ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan Melisa. Salah satunya pengetahuan baru. Melisa tidak melewatkan kesempatan untuk mengambil salah satu mata kuliah berbahasa Spanyol, sehingga meskipun pembelajaran berjalan secara daring, Melisa masih bisa merasakan suasana yang berbeda dari kampus asalnya atau UKWMS, “Salah satu cita-citaku itu keliling dunia, soalnya aku suka banget traveling. Nambah pengetahuan bahasa seperti ini menurut aku penting banget untuk survive dengan cita-citaku itu,” ungkap Melisa.

Berbekal pengalaman ini, Melisa akan mendaftarkan dirinya untuk program MBKM lagi, “Tahun depan sih aku mau daftar IISMA lagi. Harapanku, sertifikat yang aku dapat dari beasiswa ini bisa jadi poin plus buat aku, dan peluang diterima bisa lebih besar,” pungkas Melisa.

Pengalaman Melisa tentu menjadi motivasi untuk mahasiswa lain dalam mengejar mimpinya. Selama masih ada kesempatan, dan selalu berusaha, kelak mimpi-mimpi tersebut akan menjadi mudah dicapai. (Tirza Larasati – Mahasiswa Fikom UKWMS/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan Mental untuk Semua Orang

(UKWMS – 8/6/2024) – Kesehatan Mental atau mental health saat ini masih menjadi fokus kita bersama. Tidak sedikit pula yang masih bingung dengan deskripsi dan

Ilustrasi-artikel-Artikel-Hari-Pasar-Modal-Indonesia_oleh-Mohamed-Hassan-Pxhere

Hari Pasar Modal Indonesia

(UKWMS – 03/06/2024) Hari Pasar Modal Indonesia diperingati setiap tanggal 3 Juni. Pasar modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Selain

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan