Belajar Kelola Lingkungan di Kampung Oase Ondomohen

(UKWMS – 4/07/2023) – Jika sebelumnya mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) kedatangan delegasi dari SLC Thailand, kali ini bertambah kedatangan mahasiswa dari Saint Louis University (SLU) Filipina. Dari SLU mengirimkan perwakilan dua mahasiswa dan satu dosen.

Kunjungan kali ini adalah ke Kampung Oase Ondomohen. Kampung Oase Ondomohen dulunya merupakan pemukiman yang gersang dan kumuh. Namun, berkat kepedulian warga terhadap lingkungan dan keprihatinan mereka terhadap kampung-kampung yang hanya terawat saat ada acara tertentu, semangat para warga Oase Ondomohen untuk merubah dan merawat lingkungan mereka mulai timbul.

“Kampung ini dikelola tidak hanya untuk mengikuti acara tertentu, tetapi juga diharapkan dapat menjadi laboratorium hidup yang menarik bagi para wisatawan,” ucap Mus Mulyono, Ketua Kampung Oase Ondomohen. Selain merawat lingkungan, Kampung Oase Ondomohen juga mengembangkan keterampilan warganya yang mampu menghasilkan pendapatan.

Mahasiswa SLU dan SLC belajar membuat tas belanja
Mahasiswa SLU dan SLC belajar membuat tas belanja (Yon) 

Mahasiswa SLU dan SLC diberikan pembekalan tentang pengelolaan lingkungan yang baik serta membuat kerajinan berupa tas belanja. “Dengan diberikan keterampilan dan pengetahuan mengelola lingkungan, kami berharap mereka dapat menerapkannya juga di negara masing-masing,” terang Adi, pembina Kampung Oase Ondomohen.

Usai kunjungan ke Kampung Oase Ondomohen, dilanjutkan acara Farewell Party di Ruang Theater Timur UKWMS Kampus Pakuwon City. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa SLC yang akan kembali ke negara asalnya pada hari Senin. Selain itu, juga diadakan penyambutan bagi mahasiswa SLU Filipina yang baru tiba di Indonesia.

Ketiga mahasiswa SLC mempresentasikan kegiatan yang telah mereka lakukan selama di Indonesia, serta mereka menyatakan kesan yang baik, terutama terkait dengan pengalaman yang mereka dapatkan. “Kami berterima kasih kepada UKWMS karena selama dua minggu kami dilayani dengan baik, dan semuanya telah menjadi kenangan yang berharga bagi kami,” ucap Ms. Pui, dosen dari Saint Louis College Thailand. (Yon/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang