Hari Introvert Sedunia

Peringatan Hari Introvert Sedunia-istock-1754619648_ratio-16x9_sumber-iStockphoto.jpg

(UKWMS – 2/1/2024) Tahukah Anda, bahwa tanggal 2 Januari 2023 diperingati secara global sebagai Hari Introvert Sedunia? Hari Introvert Sedunia pertama kali diadakan pada tahun 2011 oleh psikolog dan penulis Felicitas Heyne. Ia menulis sebuah artikel di blog pribadinya pada 20 September 2011 yang berjudul “Inilah Alasan Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia”.

Dilansir dari tirto.id, Introvert adalah seseorang dengan kepribadian yang sangat fokus pada perasaan internal daripada berbagai sumber stimulasi eksternal. Seringkali, mereka digambarkan sebagai seseorang yang pendiam, penyendiri, dan introspektif.

Seseorang yang introvert cenderung mengeluarkan energi besar ketika berada di situasi sosial. Akibatnya mereka akan sangat kelelahan ketika harus berada di tengah kumpulan orang.

Heyne menyarankan agar Hari Introvert Sedunia dibuat dan dirayakan pada 2 Januari. Tanggal ini dipilih, karena mulai dari perayaan Natal hingga Tahun Baru, kemungkinan para introvert di seluruh dunia sedang menarik napas dalam-dalam. Mereka bisa jadi sangat kelelahan setelah menghadapi musim liburan yang menguras tenaga dan pikiran.

Lebih lanjut, Heyne menyatakan bahwa sudah saatnya kesadaran dunia dipertajam terhadap kekhasan para introvert. Konon, hanya 25-40% populasi dunia yang merupakan introvert. Sayangnya, para introvert sering disalahpahami sebagai pemalu, bahkan anti sosial. Padahal mereka memiliki kelebihan dalam bentuk kepribadian yang unik. Tipe introvert pemikir juga punya kreativitas yang tanpa terbatas.

Hari Introvert Sedunia: Menghargai Kepribadian dan Pola Hidup Yang Berbeda

Ide perayaan ini kemudian menyebar dan menjadi perayaan informal yang diakui secara internasional. Hari Introvert Sedunia telah dirayakan di lebih dari 50 negara dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global terhadap keunikan dan kepentingan para introvert di masyarakat. Selain itu, sebagai pengakuan atas kualitas unik dan kontribusi positif yang mereka bawa ke dalam masyarakat.

Sebagai jajaran universitas swasta terbaik di Surabaya, tentu tak sedikit Introvert yang bergabung dalam civitas UKWMS. Apakah anda termasuk satu di antaranya? 

Siapapun Anda, introvert maupun ekstrovert, ijinkan kami mengucapkan: Selamat Tahun Baru 2024. Semoga setelah hiruk pikuk perayaan Natal dan akhir tahun 2023, energi kita sudah terisi kembali. Mari menjalani tahun yang baru dengan menjadi versi diri kita yang lebih baik lagi. (VW)

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang