TERANTI – Teh Telang Celup, Lolos Seleksi Nasional UMI Youthpreneur 2023

(UKWMS – 17/11/2023) – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kampus Kota Madiun. Salah satu tim wirausaha mahasiswa, mengusung merek TERANTI, berhasil lolos ke babak 9 besar seleksi nasional UMI Youthpreneur 2023 di Jakarta.

Teranti merupakan produk teh bunga telang dalam sediaan teh celup. Produk ini dinisiasi oleh empat mahasiswi dari Program Studi Akuntansi angkatan 2021. Mereka adalah Tan Ellen Andryani Saputri sebagai ketua tim, beserta tiga anggota yakni Karunia Firnanda Putri Pramudita, Novita Sari, dan Agnes Ina Gelu Haliwala.

Event UMI Youthpreneur 2023, merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Adapun Pusat ini berfokus pada pemberdayaan usaha ultra mikro, yang belum memiliki akses ke perbankan.

Tan Ellen (berdiri, tiga dari kanan) bersama finalis UMI Youthpreneur 2023

UMI Youthpreneur merupakan kompetisi yang digelar untuk memacu anak muda berpikir kreatif dan inovatif, dan menggali potensi wirausaha. Kegiatan ini berlangsung dari bulan Juli 2023 hingga akhir tahun 2023.

Sebelum mengikuti UMI Youthpreneur 2023, Teranti telah mengikuti pembinaan kewirausahaan internal dari UKWMS, yakni Business Ignition 2023. Terlebih, mereka berhasil mendapatkan hibah pendanaan untuk pengembangan produknya.

Teranti secara bertahap lolos seleksi 35 besar, berlanjut ke 15 besar, dan hingga lolos di tahap 9 besar. Oleh karena itu, berkesempatan melakukan presentasi di Jakarta pada hari Kamis-Sabtu, (26-28/10) di Hotel The Hermitage Menteng Jakarta. Pitching presentation dilakukan di hadapan panelis yakni Direksi Pusat Investasi Pemerintah dan SMESHUB.

Dalam presentasinya, Teranti diwakili Tan Ellen menjelaskan tentang konsep produk, strategi pemasaran, analisis keuangan, dan value dari produk mereka. Selain itu, Teranti meraih apresiasi positif dari panelis dan peserta lainnya, atas inovasi dan kreativitas mereka mengembangkan produk yang kaya manfaat kesehatan.

Bahkan, Teranti juga mendapat masukan yang membangun, seputar penggunaan logo organik, target pasar, perhitungan biaya produksi, izin usaha, dan variasi produk.

Kedepannya, Teranti berharap dapat terus mengembangkan produk dan meningkatkan kualitasnya, agar dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Tim Teranti juga berterima kasih kepada UKWMS, atas dukungan dan fasilitas bagi pengembangan produk mereka.

Teranti mengajak seluruh mahasiswa UKWMS untuk terus berinovasi dan berwirausaha, demi menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang