Hari Perdamaian di Sekolah

Foto-Pemrakarsa-Hari-Perdamaian di Sekolah-Llorenc-Vidal-Sumber-diambil-dari-diariodemallorca.es_.jpg

(UKWMS – 30/1/2024) Hari Sekolah Tanpa Kekerasan dan Perdamaian adalah peringatan yang diadakan setiap tanggal 30 Januari. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk menekankan pentingnya nilai-nilai seperti toleransi, empati, dan saling menghormati. Selain itu, hari ini juga dikenal sebagai Hari Perdamaian di Sekolah.

Mengingat kasus perundungan masih banyak terjadi di sekolah. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berupaya membuat perubahan. Satu di antaranya adalah dengan memperingati hari perdamaian di sekolah. Dikutip dari harian Kompas, tercatat ada 30 kasus perundungan di satuan pendidikan yang terjadi sepanjang tahun 2023. Data tersebut dikumpulkan oleh Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).  

Pemrakarsa Hari Sekolah Tanpa Kekerasan adalah Llorenç Vidal Vidal, seorang penyair. Ia juga merupakan pendidik asal Spanyol. Vidal merasa bahwa sekolah seharusnya menjadi tempat belajar pentingnya perdamaian universal dan penyelesaian konflik melalui cara-cara non-kekerasan.

Beberapa harapan momen peringatan Hari Perdamaian di Sekolah:

  1. Membangun kemampuan dan kesadaran masyarakat sekolah terkait pendidikan perdamaian.
  2. Memperingkatkan kesadaran masyarakat bahwa gerakan anti-kekerasan adalah metode perubahan sosial yang efektif.
  3. Membangun lingkungan belajar yang kondusif untuk pembelajaran dan perkembangan emosional siswa.

Pendidikan perdamaian juga merupakan strategi yang sangat baik dalam membangun dan memelihara kondusifitas kehidupan bangsa. Perannya krusial agar Indonesia dapat tetap bersatu dan utuh. UKWMS yang termasuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Surabaya, juga mementingkan hal ini. Satu dari beberapa wujud nyatanya, terlihat pada visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UKWMS)

Visi itu adalah mempersiapkan guru yang reflektif, kreatif, dan berdampak positif bagi peningkatan kehidupan sesama, serta dilandasi nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik. Tentunya, ini sejalan dengan pencegahan kekerasan di sekolah. Catatannya, upaya ini dilakukan dengan melibatkan peran aktif dari seluruh komunitas sekolah. Dalam hal ini, termasuk pendidik, staf, siswa, dan orangtua. (VW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi-Bahayanya-Cedera-Regangan-Berulang_Creator-Kindel-Media_Sumber-Pexels-scaled.jpeg

Bahayanya Cedera Regangan Berulang

(UKWMS – 28/02/2024) Setiap tahun, tanggal 28 Februari adalah peringatan Hari Kesadaran Cedera Regangan Berulang Internasional. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan

Ilustrasi-Artikel-Peringatan-Pertempuran-Selat-Sunda_Creator-Australian-Embassy-Jakarta_Sumber-Flickr.jpg

Peringatan Pertempuran Selat Sunda

(UKWMS – 26/02/2024) Pertempuran Selat Sunda adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 27 Februari 1942. Pada saat itu, pasukan Jepang menyerang

Hari-Peduli-Sampah-Nasional-_Sumber-rawpixeldotcom.webp

Hari Peduli Sampah Nasional

(UKWMS – 21/02/2024) Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan