Jalin Keakraban dan Kembangkan Pengetahuan

(UKWMS-14/5/2016) – Pusat Layanan Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (PLP UKWMS) kembali mengadakan acara gathering. Bukan tanpa alasan, gathering dilaksanakan untuk memperkenalkan berbagai macam layanan yang ada serta meningkatkan kualitas layanan dengan adanya angket evaluasi yang diisi oleh Human Resource Department (HRD) atau perwakilan dari instansi atau perusahaan yang hadir. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama dengan instansi atau perusahaan yang mengunakan jasa PLP UKWMS. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini kembali diadakan pada Sabtu (14/5), bertempat di Auditorium gedung Agustinus (A301).

Laila saat penyampaian materi kepada peserta Gathering PLP.
Laila saat penyampaian materi kepada peserta Gathering PLP.

Gathering diawali dengan doa pembukaan dan dilanjutkan sambutan oleh Eli Prasetyo, M.Psi. selaku ketua PLP UKWMS. Acara ini dilaksanakan dalam bentuk seminar dihadiri Dr. Nurlaila Effendy, M.Si. sebagai narasumber yang ahli dalam bidang psikologi dan organisasi dengan membahas 3 topik. Topik seminar yang diajukan oleh peserta (instansi atau perusahaan) yaitu terkait dengan HRD sebagai partner strategy dalam manajemen, disampaikan pula topik yang tidak kalah menarik mengenai coaching dan mentoring dalam pengembangan organisasi serta komunikasi efektif dalam menyampaikan kritik agar dapat direspon secara positif oleh kayawan.

Pada kesempatan ini, narasumber yang akrab disapa Laila menyampaikan bahwa HRD berperan penting dalam perusahaan. Salah satu peran dan fungsi HRD yaitu terkait dengan administrasi (perekrutan, presensi, kompensasi, dll). Selain itu, HRD juga berperan dalam hubungan industrial, human resource development dan sebagai business partner sebagai tuntuan human capital. Peran dan fungsi HRD yang paling tinggi ketika departemen tersebut dijadikan business partner oleh perusahaan. Saat perusahaan telah menjalankan fungsi tersebut maka perusahaan lebih fokus pada talent management, dimana karyawan memiliki attitude, knowledge dan skill yang optimal serta disiapkan untuk menjadi atasan.

Beliau menjelaskan pula bahwa mentor akan lebih memberikan kesan yang mendalam daripada seorang coach. “Mentor itu menyampaikan knowledge, skill dan value. Mentor mengajarkan tentang nilai-nilai atau kebajikan, sedangkan coach hanya menyampaikan knowledge dan skill saja,” papar Laila. Selain itu, berkaitan dengan komunikasi yang efektif, Laila menyarankan agar HRD menggunakan komunikasi yang sesuai dengan tipe-tipe kepribadian untuk menghadapi “karyawan yang sulit“.

Berlangsung dengan lancar acara kemudian ditutup dengan doa serta ramah tamah para tamu undangan. Eli Prasetyo berharap,”semoga relasi PLP UKWMS dengan instansi atau perusahaan terkait semakin terjalin baik dan kedepannya bukan hanya seminar tetapi disertai dengan kegiatan aplikatif untuk dapat mengembangkan kompetensi HRD yang bekerjasama dengan PLP,” pungkas Eli. (Maria Winarni)

Keberhasilan organisasi dipengaruhi oleh semua posisi pekerjaan dan yang lebih penting lagi semuanya memberi kontribusi yang optimal – Nurlalila Effendy –

Peserta Gathering PLP saat sesi workshop dengan arahan Laila.
Peserta Gathering PLP saat sesi workshop dengan arahan Laila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang