Kolaborasi UKWMS Ramaikan Kompetisi Mahasiswa Internasional

Kolaborasi UKWMS Ramaikan Kompetisi Mahasiswa Internasional

 

(UKWMS – 14/2/2022) – Kegiatan perkuliahan di era pandemi membuat para mahasiswa tidak bisa saling bertemu satu sama lain. Begitupun dengan kegiatan mahasiswa yang terpaksa harus berlangsung secara daring demi menjaga keamanan bersama. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa untuk menuangkan kreativitas mereka menciptakan acara-acara yang asik dan menarik.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) bergabung dalam kolaborasi yang diprakarsai oleh University of the Immaculate Conception (UIC) Filipina, bersama enam universitas lainnya menjadi bagian dari universitas penyelenggara, yaitu Universitas Katolik Santo Tomas-Medan, Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Malaya, Universiti Malaysia Sabah and University of Saint Joseph di Makau dalam acara Asian University Virtual Friendship Games 2022.

AUniFVG adalah lomba persahabatan untuk mahasiswa dari 35 universitas di Asia Tenggara yang terlibat. Tahun ini merupakan tahun kedua terselenggaranya acara AUniFVG yang berlangsung 12-19 Februari 2022 dan terbagi dalam enam kategori; eSports Competition, eNvironmental Competition, e-Cool-tural Competition, e-Literary Competition, eDance Competition, dan Special Event Ambassador and Ambassadress of Goodwill.

 

Foto kedua MC dan Erlyn Erawan, Psy.D., Kepala Kantor KUI UKWMS

Masing-masing dari ke-8 universitas penyelenggara memiliki peran tersendiri. UKWMS berkesempatan untuk mengelola keseluruhan persiapan lomba bagian eNvironmental Competition” yang memiliki lima sub lomba yaitu, Lomba Menghias Masker, Lomba Menghias Face Shield, Lomba Mengukir Buah, Lomba Menghias Pot Bunga, dan Lomba Membuat Vlog dengan tema tertentu.

Salah satu tugas dari tim panitia UKWMS yang melibatkan semua mahasiswa magang dari Kantor Urusan Internasional (KUI) UKWMS, dan tambahan dua mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah membuat “Premiere Show: eNvironment Competition” yang menunjukkan keseluruhan hasil karya foto dan vlog peserta. Premiere show berlangsung dan dapat ditonton secara live di akun Youtube Unika WM pada Senin (14/02).

Acara ini dipandu oleh dua hosts dari UKWMS, Ignatia Sherinka, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS, dan Daisy Misajon, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKWMS. Para mahasiswa saling berlomba mengirimkan karya terbaiknya, dan karya tersebut ditampilkan secara bergantian. “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang berharga untuk berkolaborasi antara negara, dan antusias mahasiswa masing-masing universitas yang sangat luar biasa,” ujar Erlyn Erawan, Psy.D., selaku Kepala KUI UKWMS.

Terlihat para peserta dari universitas lain begitu suportif dengan ramai memberi komentar di kolom Live Chat. Kreativitas dan ketelitian mahasiswa dalam mengerjakan tiap lomba terlihat dari karya-karya yang sungguh luar biasa. Pandemi tentunya bukan menjadi penghalang bagi generasi muda untuk menunjukkan kreativitis dan menghasilkan karya yang mengagumkan. (Red1)