Program Studi Ilmu Komunikasi

Menghadapi perkembangan teknologi komunikasi dan keterbukaan informasi serta prospek perkembangan industri di bidang komunikasi yang semakin meningkat khususnya di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya yang tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang komunikasi serta didorong keinginan untuk berpartisipasi dalam penyelenggaran pendidikan tinggi ilmu komunikasi, maka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada tahun ajaran 2010/2011 membuka Program Studi llmu Komunikasi.

Lulusan Program Studi llmu Komunikasi ini mengacu pada profesi-profesi di bidang industri komunikasi yang kreatif, reflektif, dan profesional. Profil lulusan Prodi llmu Komunikasi disusun dengan melibatkan stakeholders antara lain pengguna lulusan (user) dan juga alumni.

Gelar yang didapat adalah Sarjana llmu Komunikasi (S.I.Kom). Lama Pendidikan 7-8 semester (3,5 – 4 tahun) dengan jumlah 146 sks.

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang kreatif, reflektif, profesional pada bidang komunikasi berbasis digital dalam lingkup industri kreatif di Indonesia pada tahun 2026

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, reflektif, dan profesional berbasis komunikasi berbasis digital  serta mampu menerapkan kompetensi di bidang  komunikasi untuk pengembangan  ilmu dan kesejahteraan masyarakat  dalam lingkup industri kreatif
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi berbasis digital yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dalam lingkup industri kreatif
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi berbasis digital yang berkualitas untuk pengembangan  ilmu dan kesejahteraan masyarakat  pada lingkup industri kreatif 
  4. Mengembangkan kerja sama dengan pemangku kepentingan industri kreatif  untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi berbasis komunikasi digital

Program Studi Ilmu Komunikasi berhasil meraih Akreditasi B dengan nomor BAN-PT No. 3205/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. 

Dosen

No Nama Bidang Minat Email
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
1 Yuli Nugraheni, S.Sos., M.Si. Ilmu Komunikasi yulinugraheni@ukwms.ac.id
2 Dr. Finsensius Yuli, P.,S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi finsensius@ukwms.ac.id
3 Anastasia Yuni W., S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi Anastasia_widya@ukwms.ac.id
4 Maria Yuliastuti, S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi Maria_yuliastuti@ukwms.ac.id
5 Theresia Intan Putri H, S.Sos., M.I.Kom.  Ilmu Komunikasi theresiaintan@ukwms.ac.id
6 Ignatius Rys Dedi Prastowo, S.Sos., M.Si.  Ilmu Komunikasi rys@ukwms.ac.id
7 Drs. Nanang Krisdinanto, M.Si.  Media dan Komunikasi nangkris@ukwms.ac.id
9 Brigitta Revia S. F., S.I.Kom., M.Med.Kom.  Media dan Komunikasi gita@ukwms.ac.id
10 Etty Ariaty Soraya, S.Sos., M.A.  Art Management and Creative Enterprises ettysor@gmail.com
11 Akhsaniyah, S.Sos., M.Med.Kom.  Media dan Komunikasi akhsaniyah@ukwms.ac.id
12 Puput Tri Kusminto, S.IP., M.Med.Kom. Media dan  Komunikasi rizaldyputjok@gmail.com
13 Maria Merlina Barbara Apul, S.I.Kom., M.A. Media Studies, Journalism, & Cultural Studies merlina.maria@ukwms.ac.id
14 Christopher Candra,S.Des.,M.Des Desain christopher@ukwms.ac.id

 

Tenaga Kependidikan

No Nama Posisi
1. Agustina Aji Ayuningtyas, A.Md. Kepala Tata Usaha
2. Gerson Dwi Putra Hollo Staf Tata Usaha
3. Ida Elianna Sembiring Pandia Staf Tata Usaha
4. M. Harza Suhardi, S.Sos Laboran

Capaian pembelajaran yang dirumuskan mencakup:

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam kajian komunikasi
  11. Menunjukkan sikap kreatif,reflektif dan profesional sesuai bidang keahlian komunikasi
  12. Menginternalisasi semangat berkarakter peduli, komit dan antusias.

    PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Konsep teoritis Ilmu Komunikasi secara umum, maupun dalam berbagai konteks komunikasi;
  2. Konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
  3. Proses penyusunan rencana, implementasi, monitoring dan pengembangan program komunikasi;
  4. Konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi;
  5. Pengetahuan tentang regulasi dan etika terkait bidang komunikasi;
  6. Pemahaman untuk mengolah, menganalisis, serta menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital;
  7. Pemahaman tentang peri kemanusiaan (humanities) dalam berbagai konteks komunikasi;
  8. Berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS), misalnya: komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, logika komputasi, welas asih dan tanggung jawab kewarganegaraan;
  9. Pengetahuan tentang era industri dan perkembangannya, serta persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat kontemporer sesuai dengan kemaslahatan bersama secara lokal, nasional, dan global;
  10. Pengetahuan yang diperoleh di luar program studi melalui program MBKM.

    KETERAMPILAN KHUSUS

    1. Mampu merencanakan, memproduksi dan mendistribusikan pesan komunikasi untuk berbagai tujuan, menggunakan beragam platform media sesuai norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
    2. Mampu melakukan analisis atau kajian terhadap masalah atau isu komunikasi dalam berbagai konteks menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
    3. Mampu merencanakan dan melaksanakan suatu program komunikasi secara kolaboratif dan berkelanjutan;
    4. Mampu merencanakan, mewujudkan dan memublikasikan karya komunikasi berbasis data, sebagai bentuk adaptasi terhadap disrupsi digital;
    5. Mampu merencanakan, melaksanakan, melaporkan, dan mempublikasikan hasil penelitian komunikasi dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah bidang Ilmu Komunikasi
    6. Menguasai keterampilan komunikasi yang mendasar yaitu public speaking dan produksi multimedia.

      KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menghasilkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau tugas akhir yang setara, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian komunikasi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang tepat;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu memverifikasi, mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Menguasai minimal satu bahasa asing untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan

Kurikulum Program Studi llmu Komunikasi didesain dengan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) minimal yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana adalah sebanyak 144 SKS. 

Matakuliah wajib adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa sesuai konsentrasi yang dipilih , sedangkan mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang boleh diambil mahasiswa diluar jumlah SKS minimal 

Matakuliah lintas prodi juga dimasukkan sebagai mata kuliah pilihan bebas. Mata kuliah pilihan bebas yang ditawarkan oleh Program studi llmu Komunikasi adalah mata kuliah dari Program Studi lain, diantaranya Prodi Manajemen, Prodi Pendidikan Bahasa lnggris, Prodi Filsafat, dan Prodi Psikologi.

Mata kuliah disusun untuk menghasilkan sarjana yang mampu berwirausaha dalam bidang komunikasi. Proses akhir di Program Studi llmu Komunikasi ditempuh melalui jalur skripsi (tidak ada jalur non skripsi).

Program Studi Ilmu Komunikasi UKWMS memiliki dua konsentrasi, yakni:

  1. Konsentrasi Digital Public Relations and Marketing Communication
  2. Konsentrasi Media dan Digital Communication

Program Studi Ilmu Komunikasi mempelajari tentang pengemasan dan penyampaian pesan baik industri media, perusahaan, dan bidang creative Industry  (televisi, koran, majalah, online, film humas pemerintahan, humas perusahaan, komunikasi pemasaran, periklanan)

  • Kurikulum disusun secara sistematis, baik teori maupun praktek dengan proses belajar mengajar yang interaktif dan kreatif, sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan komunikasi. Staf pengajar yang kompeten di bidang ilmu komunikasi dan didukung praktisi yang berpengalaman
  • Mahasiswa diberikan kesempata untuk mengembangkan soft skill sesuai minat dan bakat, baik di bidang intelektual, sosial, olahraga, seni, kerohanian, pecinta alam
  • Kesempatan magang di perusahaan bidang komunikasi sehingga mahasiswa memiliki pengalaman secara langsung dengan dunia kerja didukung kerjasama dengan berbagai industri komunikasi diantaranya Suara Surabaya Media, Kompas Media Nusantara, IDN Times, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia dan Jawa Timur, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jatim,dll.

Lulusan dapat berkarir sebagai:

  1. Pelaksana Penelitian Komunikasi: Akademisi, Peneliti, Perencana: Media Planner, Media Consultant, Public Relations Researcher, Communication Consultant, Communication Researcher.
  2. Profesional Komunikasi: Jurnalis, Reporter, Fotografer, Jurnalistik, Public Relations Manager Presenter, Cameramen, Editor, Script Writer, Corporate Public Relations. Event Organizer, Media Relations Officer, Community Relations Officer, Employee Relations Officer, Customer Relations Officer
  3. Wirausaha dan Praktisi KomunikasiCreative Advertising, Production House, Creative Design Communication

Fasilitas yang tersedia:

  1. Akses internet (free wi-fi) di lokasi-lokasi yang telah disediakan
  2. Perpustakaan dan ruang baca dilengkapi koleksi bacaan dengan katalog online dan digital library
  3. Ruang kelas yang nyaman dan ber-AC
  4. ATM di dalam kampus
  5. Sarana olahraga dan seni
  6. Bursa kerja online
  7. Kerjasama khusus dengan berbagai industri media dan korporasi

Laboratorium terpadu yang terdiri dari:

  1. Laboratorium Televisi
  2. Laboratorium Master Control
  3. Laboratorium Public Relations
  4. Laboratorium Editing
  5. Laboratorium Radio
  6. Laboratorium Fotografi
  7. Kompas Corner Fikom UKWMS
  8. Ruang Baca Fikom

Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung D lantai 1
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya
031-5678478 

UKWMS Bekerja Keras Mempersiapkan Setiap Siswa Untuk Kehidupan Profesional Mereka