Program Studi Manajemen

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Nomor. 48/Rek/UNIV/1968, tertanggal 1 September 1968, Fakultas Ekonomi diresmikan. Surat Keputusan Rektor tersebut berlaku surut mulai tanggal 1 September 1965. Berdasarkan Surat Keterangan Terdaftar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 30c/PT/III/1969, Program Studi Ekonomi Perusahaan Fakultas Ekonomi mendapat status Terdaftar. Selain Program Studi Ekonomi Perusahaan, UKWMS juga mendirikan Lembaga Pendidikan Kejuruan, Jurusan Ajun Akuntan, di bawah koordinasi FE UKWMS, pada tanggal 1 November 1974 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Widya Mandala Pusat No. 045/Sek/Ya/1974 pada tanggal 1 November 1974. Mulai tahun kuliah 1983/1984 sesuai dengan surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala No.263/WM.05/Q/1983, tertanggal 1 Juli 1983, Program Studi Ekonomi Perusahaan diubah menjadi Jurusan Manajemen.

Dalam rangka melaksanakan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0211/U/1982 tertanggal 26 Juni 1982, maka mulai tahun kuliah 1983/1984 Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala menyelenggarakan Program Pendidikan Bergelar dengan jenjang pendidikan Sarjana atau Program Strata Satu (S-1) Jurusan Manajemen yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Dengan demikian sejak tahun kuliah 1983/1984 Fakultas Ekonomi melaksanakan pendidikan dengan 2 (dua) sistem yaitu: 1) Program Baru, yaitu Program Strata Satu dengan sistem kredit semester (sks) 2) Program Lama, yaitu sistem tahunan (sarjana muda dan sarjana). Program lama secara lambat laun di-passing out, sehingga pada tahun kuliah 1985/1986 Fakultas Ekonomi telah secara penuh hanya melaksanakan program strata satu dengan sistem kredit semester. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 071/0/1985 tertanggal 18 Februari 1985 Program S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen secara penuh statusnya Diakui.

Status disamakan untuk Jurusan Manajemen diperoleh pada tahun 1990 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 016/O/1990 tertanggal 11 Januari 1990. Kemudian pada tanggal 17 Januari 1990 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No, 039/O/1990 Program Diploma III Akuntansi memperoleh Status Terdaftar.

Pada tanggal 1 September 2010, Fakultas Ekonomi bertransformasi menjadi Fakultas Bisnis. Perubahan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Bisnis tertuang dalam Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya No. 091/YWMS/SK/VIII/2010. Perubahan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Bisnis adalah untuk memenuhi ekspektasi stakeholder akan sekolah bisnis yang sedang berkembang di seluruh dunia.

Pada tahun 2010, tepat pada usia yang ke 45 pada tanggal 1 September, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bertransformasi menjadi Fakultas Bisnis untuk menjawab tantangan kebutuhan pemangku kepentingan (stake holder) dewasa ini. Pada tahun 2011, Jurusan Manajemen mengembangkan program International Business Management (IBM) dengan kekhususan bidang Supply Chain Management yang mulai pertama kali menerima mahasiswa pada tahun kuliah 2012/2013. Pada tahun 2019, untuk menjawab kebutuhan dunia bisnis dan Revolusi Industri 4.0 yang membutuhkan lulusan dengan kemampuan penguasaan teknologi, program Digital Bisnis Manajemen secara resmi menerima mahasiswa untuk pertama kalinya. Baik Program IBM maupun DBM merupakan program yang mandiri di Program Studi Manajemen. Pendirian kedua program baru ini berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya No. 149/YWMS/SK/VII/2018 pada tanggal 26 Juli 2018.

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen terkemuka di lingkungan global pada tahun 2035 dalam menghasilkan pelaku profesional di bidang manajemen yang beretika dengan kemampuan manajerial dan teknis dalam memecahkan persoalan bisnis dan kemasyarakatan. 

Misi

Menghasilkan lulusan manajemen yang mampu berdaya saing dalam lingkungan global berlandaskan nilai Katolik dan PeKA melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas dan didukung dengan tata pamong dan tata kelola yang baik, dan aplikasi teknologi digital dan UMKM, serta sinergi dengan pemangku kepentingan secara berkelanjutan

Pada Tahun 2018, tertanggal 2 Oktober 2018 dapat mempertahankan Akreditasi A dengan nilai 369 melalui Surat Keputusan BAN-PT No.2728/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 yang berlaku sampai dengan 2 Oktober 2023. Pada tahun 2021, BAN PT mengeluarkan keputusan No. 9398/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/VII/2021 per tanggal 13 Juli 2021 menyatakan bahwa Peringkat Akreditasi Program Studi Manajemen UKWMS telah terkonversi menjadi UNGGUL dan berlaku sampai dengan 2 Oktober 2023

No Nama Bidang Minat Email
1 Prof. Dr. Drs.Ec. H. Teman Koesmono, MM. MSDM, Kepemimpinan teman@ukwms.ac.id
2 Dr. Fenika Wulani , SE., M.Si. MSDM, Kepemimpinan fenika@ukwms.ac.id
3 Dr. Daniel Tulasi, MM. MSDM, Bisnis Keluarga daniel@ukwms.ac.id
4 Drs. P. Julius F. Nagel, S.Th., MM. MSDM nagel@ukwms.ac.id
5 Dra. Ec. Ani Suhartatik, MM. MSDM ani-s@ukwms.ac.id
6 Julius Runtu, SS., M.Si. MSDM yusruntu@ukwms.ac.id
7 Marliana Junaedi, SE., M.Si. MSDM, Perilaku Organisasi marliana@ukwms.ac.id
8 Dr. Tuty Lindawati, S.E., M.M. MSDM tuty@ukwms.ac.id
9 Dominicus Wahyu Pradana, SE., MM. MSDM wahyupradana@ukwms.ac.id
10 Antonius Yuniarto, SS., MM. MSDM, Perilaku Organisasi antonius@ukwms.ac.id
11 Dr. Lydia Ari Widyarini, MM. Manajemen Ritel, Bisnis Digital lydiaari@ukwms.ac.id
12 Dr. Margaretha Ardhanari , SE., M.Si Manajemen Ritel, Perilaku Konsumen margaretha@ukwms.ac.id
13 Elisabeth Supriharyanti, SE., M.Si. Manajemen Ritel elisabeth-s@ukwms.ac.id
14 Yohana Deatri Arumsari Agung, SE., M.Sc. Manajemen Inovasi, Kewirausahaan deatri@ukwms.ac.id
15 Annisa Alfa Setiawan, S.Ak., M.SM. Manajemen Ritel annisa@ukwms.ac.id
16 Yulika Rosita Agripina, S. M., MIB. Manajemen Ritel agrippina@ukwms.ac.id
17 Dr. Sri Yunan Budiarsi, MS. Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategis yunan@ukwms.ac.id
18 Dr. Christina Esti Susanti, S.E., M.M., CPM(AP) Manajemen Pemasaran, Perilaku Konsumen esti@ukwms.ac.id
19 Dra. Ec. Ninuk Muljani, MM. Manajemen Pemasaran ninuk@ukwms.ac.id
20 Maria Mia Kristanti , SE.,MM. Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran maria-mia@ukwms.ac.id
21 Dr. A.Y.Yan Wellyan Toni Putra, SE., M.Si. Manajemen Pemasaran, Manajemen Merk dan Produk janwellyan@gmail.com
22 Veronika Rachmawati, SE., M.Si. Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan veronika@ukwms.ac.id
23 Robertus Sigit Haribowo Lukito, SE., M.Sc. Manajemen Pemasaran sigit@ukwms.ac.id
24 Wiwiek, S.Sos., M.M.Sc. Manajemen Pemasaran wiwiek@ukwms.ac.id
25 Monica Ajeng Erwita, S.Sos., MM. Manajemen Pemasaran, Pemasaran Digital ajengerwita@ukwms.ac.id
26 Yuliasti Ika Handayani, SE., MM. Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan yuliasti@ukwms.ac.id
27 Nekhasius Agus Sunarjanto, SE., MM. Manajemen Keuangan, Keuangan Korporasi sunarjanto@ukwms.ac.id
28 Drs. Ec. Cyrillius Martono, M.Si. Manajemen Keuangan, Manajemen Investasi cyrillius@ukwms.ac.id
29 Dr. Cicilia Erna Susilawati, S.E., M.Si. Manajemen Keuangan, Manajemen Investasi erna-s@ukwms.ac.id
30 Herlina Yoka Roida , SE., M.Com., Ph.D. Manajemen Keuangan, Keuangan Korporasi yokaroida@ukwms.ac.id
31 Erick Theofilus Gunawan, S.M., MIB. Manajemen Keuangan erick@ukwms.ac.id
32 Drs. Ec. Yulius Koesworo, MM. Integrasi, Manajemen Koperasi koesworo@ukwms.ac.id
33 Lena Ellitan, Ph.D. Integrasi, Manajemen Strategis lena@ukwms.ac.id
34 Dra. Ec. Arini, MM. Integrasi, Ilmu ekonomi arini@ukwms.ac.id
35 Dr. Wahyudi Wibowo, ST., MM. Integrasi, Ilmu ekonomi wahyudi@ukwms.ac.id
36 Visi Saujaningati Kristyanto SE., M.SM Integrasi, Ilmu ekonomi visisau@ukwms.ac.id
37 Gesti Memarista SE., M.SM Manajemen Keuangan gestimema@ukwms.ac.id
38 Alpi Mawasti., SE., MM Manajemen Pemasaran alpimawasti@ukwms.ac.id

Setelah empat tahun bekerja, lulusan program studi S1 – Manajemen :

  1. Sebagai seorang manajer yang mampu melaksanakan fungsi manajemen dan  fungsi organisasi dengan menggunakan teknologi pada level operasional dalam berbagai tipe organisasi di lingkup nasional dan internasional berlandaskan nilai Peduli, Komit dan Antusias
  2. Sebagai seorang analis atau peneliti pemula yang mampu melakukan kajian teoritis dan empiris dalam bidang manajemen berdasarkan metode ilmiah dan memberikan saran praktis bagi berbagai organisasi dalam lingkup nasional dan internasional
  3. Sebagai seorang wirausaha yang mampu mendesain model bisnis skala kecil dan menengah sesuai tata kelola manajemen yang benar dan memiliki kepedulian sosial dan lingkungan
  4. Seorang individu yang Reflektif, Kreatif, dan Berkeinginan mengembangkan diri secara terus menerus

Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome):

  1. Mampu merumuskan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staff, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai organisasi pada lingkup nasional maupun internasional (pengetahuan)
  2. Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi dalam lingkup nasional maupun internasional (pengetahuan)
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital. (ketrampilan khusus)
  4. Mampu melakukan kajian teoritis dam empiris dalam bidang manajemen dengan menggunakan metode ilmiah secara logis, kritis, sistematis dan inovatif (ketrampilan umum)
  5. Mampu menyusun rencana strategis dan menjabarkan dalam rencana operasional pada berbagai tipe organisasi (ketrampilan khusus)
  6. Mampu mendesain model bisnis usaha kecil dan menengah yang adaptif pada perubahan di berbagai tipe organisasi sesuai tata kelola manajemen yang baik berbasis teknologi digital (ketrampilan khusus)
  7. Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi (pengetahuan)
  8. Mampu membuat keputusan dengan mempertimbangkan nilai Peduli, Komit, Antusias (PeKA), etika, dan nilai-nilai kemanusiaan. (sikap)
  9. Mampu berkomunikasi, beradaptasi dan berkolaborasi secara efektif lintas fungsi dan level organisasi (sikap)

Untuk mencapai Visi Misi Jurusan Manajemen FB UKWMS mendesain kurikulum dengan pendekatan keluasan (generalis) sehingga mahasiswa mampu menganalisis bisnis dengan berbagai perspektif di bidang manajemen yang relevan dengan tipe organisasi bisnis.

Dalam proses belajar mengajarnya, FB UKWMS menyelenggarakan kurikum Outcome-Based Education (OBE) yang menjunjung Kampus Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka Belajar memberikan keluwesan program pendidikan yang dapat memberi peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar melalui intra dan antarprodi, intra dan antar perguruan tinggi, maupun melalui kegiatan magang di lapangan. Oleh karena itu, untuk memperoleh capaian pembelajaran (learning outcomes) mahasiswa dapat belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang luas dan bervariasi (intra–antarprogram studi/perguruan tinggi/lapangan). Dengan demikian, mahasiswa dapat menyalurkan minat atau keinginan, bakat, dan potensi yang dimilikinya, sehingga dapat memperkuat terhadap capaian pembelajaran. Mahasiswa dapat memilih Kurikulum Program Studi sampai kelulusannya atau memilih Kurikulum Merdeka Belajar. Berikut adalah desain implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Semester Pilihan
Kurikulum Kompetensi PS Kurikulum Merdeka Belajar
Sem 8 Rancangan Jalur Pembelajaran Penguatan Kompetensi PS Tugas Akhir Kegiatan (Skripsi)
Sem 7 Pilihan 8 bentuk kegiatan di luar PT (minimal 20 sks)
Sem 6
Sem 5 Mata Kuliah Lintas Disiplin dalam PT setara 20 sks
Sem 4 Capaian Pembelajaran minimal PS
Sem 3
Sem 2
Sem 1

Mahasiswa wajib mengambil 53/54 mata kuliah dengan total 146 SKS dalam waktu 4 tahun. Keseluruhan mata kuliah terdiri atas 48 mata kuliah sebesar 134 SKS, 3/4 mata kuliah konsentrasi sebesar 9 SKS dan 1 mata kuliah lintas konsentrasi/lintas prodi sebesar 3 SKS.

Peminatan dalam Program Studi Manajemen terdiri dari 4 konsentrasi yaitu:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Keuangan
  4. Manajemen Ritel

Keunggulan Program Studi Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya:

  1. Akreditasi Unggul
  2. Kerja sama dengan perusahaan skala nasional, perusahaan publik, dan perusahaan multinasional
  3. Kerja sama dengan asosiasi profesi FPSB, Markplus Marketeers
  4. Kerja sama dengan asosiasi profesi lainnya (Data Science)
  5. Kurikulum adaptif dengan perkembangan teknologi
  6. Lowongan Magang di Perusahaan Nasional dan Multinasional
  7. Rata-rata kurang dari 1 (satu) bulan sudah mendapat pekerjaan
  8. Kerja sama dengan banyak perusahaan untuk melakukan rekrutmen secara langsung

Lulusan Program Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dapat berkarir sebagai:

  1. Profesional bidang manajemen
    Seseorang yang menguasai fungsi manajemen dan mampu menerapkannya dalam fungsi organisasi
  1. Wirausaha pemula
    Seseorang yang mampu mengelola bisnis secara mandiri dan tata kelola manajemen yang benar dan memiliki kepedulian sosial dan lingkungan
  1. Peneliti di bidang manajemen
    Seseorang yang mampu melakukan kajian teoritis dan empiris dalam bidang manajemen berdasarkan metode ilmiah dan memberikan saran praktis bagi berbagai organisasi

Untuk mendukung proses pembelajaran dan pengajaran para mahasiswa, Program Studi Manajemen UKWMS didukung dengan fasilitas dan laboratorium sebagai berikut:

  1. Laboratorium Pendukung Riset Bisnis
  2. Laboratorium Inkubator Bahasa Inggris
  3. Laboratorium Simulasi Bisnis
  4. Tax Center (yang tergabung dalam Forum Tax Center Direktorat Jendral Pajak Kanwil Jawa Timur 1)
  5. Galeri Investasi dan Kelompok Studi Pasar Modal
  6. Kelompok Studi Manajemen
  7. Case Base Center
  8. Entrepreneur Development Center
  9. Business Development Center

 

Program Studi Manajemen
Fakultas Bisnis
Gedung Benedictus lantai 2
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya-60265
P+62 31 567 8478 – +62 31 568 3897 ext 125, 124
F: +62 31 561 0818
hod-manage@ukwms.ac.id | managementwmcus@ukwms.ac.id
@managementwmcus

UKWMS Bekerja Keras Mempersiapkan Setiap Siswa Untuk Kehidupan Profesional Mereka