Penyelenggaraan pendidikan PG-PAUD mengacu pada sistem kredit semester (SKS) dengan beban total 144 SKS yang tersebar dalam 8 semester, namun dapat diselesaikan dalam 7 semester.
Kurikulum dirancang berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sedemikian rupa sehingga lulusan memiliki kompetensi-kompetensi berikut:
a. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Menyelenggarakan dan mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang menjunjung hak anak akan pendidikan yang layak bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak usia dini.
b. Bidang Pengetahuan Anak Usia Dini
– Menganalisis kebutuhan dan permasalahan anak usia dini, menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang holistik bagi anak usia dini, merancang dan mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini yang relevan dengan kebutuhan anak usia dini
– Menghasilkan rancangan dan pengembangan model kurikulum, Alat Permainan Edukatif (APE) dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini secara kreatif dan inovatif
c. Bidang Komunikasi Bahasa Inggris
Menyampaikan pembelajaran AUD dalam Bahasa Inggris
d. Bidang Entrepreneurship
Menjadi entrepreneur dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan pengelolaan lembaga PAUD
Di samping itu, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) juga mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengadakan kerja sama dengan sekolah – sekolah mitra di Surabaya dimana nantinya mahasiswa bisa melakukan kegiatan magang di sekolah mitra tersebut guna menerapkan hasil belajarnya dari beberapa mata kuliah seperti PLP1, dan PLP 2. Hasil dari kegiatan magang itu nantinya akan di konversikan ke dalam nilai dari mata kuliah tersebut.