Perpustakaan

Visi

Memberikan pelayanan yang berkualitas dengan berorientasi kepada kebutuhan pemustaka berbasis teknologi informasi yang reflektif dan kreatif.

 

Misi

Memanfaatkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan yang efektif dan berkualitas, pengadaan sumber informasi yang up to date, memberdayakan sumber informasi yang dimiliki dan yang dihasilkan civitas akademika agar dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh pemustaka, serta memberdayakan pemustaka agar dapat memanfaatkan sumber informasi yang dimiliki.

Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya didirikan untuk turut serta melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memilih, menghimpun, mengolah, merawat, dan memberikan pelayanan sumber informasi kepada lembaga induk, khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya. Adapun fungsi perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya adalah:

  1. Fungsi edukasi: perpustakaan merupakan sumber belajar para civitas akademik, oleh karena itu perpustakaan harus mampu mendukung pencapaian tujuan menyediakan bahan pembelajaran setiap program studi dan berbagai edukasi terkait pengelolaan referensi.
  2. Fungsi informasi: perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pemustaka.
  3. Fungsi riset: perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Fungsi rekreasi: perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif vang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pemustaka.
  5. Fungsi publikasi: perpustakaan selayaknya menjadi wadah dalam melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya yakni sivitas akademika dan tenaga kependidikan serta penerbitan publikasi yang dihasilkan sivitas akademika.
  6. Fungsi deposit: perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya.
  7. Fungsi interpretasi: perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilkinya untuk membantu pengguna perpustakaan dalam melakukan dharmanya.

Lokasi Perpustakaan

Lokasi Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyesuaikan dengan Universitas sebagai lembaga induknya, yakni Kampus Utama di Surabaya dan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berlokasi di Madiun. Lokasi Perpustakaan UKWMS Kampus Utama yang berada di empat lokasi kampus, yakni Dinoyo 42-44, Kampus Kalijudan, Kampus Pakuwon City, dan Kampus Dinoyo 48 untuk Program Pascasarjana, serta satu perpustakaan PSDKU di kota Madiun.

  1. Kampus Utama:
  2. Perpustakaan Kampus Dinoyo 42-44 berada di Gedung Agustinus lantai 4 dan 5, yang terdiri dari berbagai ruangan. Lantai 4 terdiri dari ruang peminjaman dan pengembalian (Sirkulasi) ruang katalog terpasang (Online Public Access Catalog – OPAC) dan ruang baca, ruang koleksi buku, ruang koleksi khusus (Tandon) dan terbitan berseri, fotokopi, ruang locker, ruang layanan teknis, ruang kepala dan ruang administrasi sedangkan untuk lantai 5 adalah ruang diskusi/pelatihan, ruang koleksi refrensi, ruang digital library, ruang internet, ruang audio-visual.
  3. Perpustakaan Kampus Kalijudan menempati Gedung Albertus Lantai 1.
  4. Perpustakaan Kampus Pakuwon City menempati Lantai 4 Gedung Kampus Pakuwon.
  5. Perpustakaan Pascasarjana menempati Lantai 6 Gedung Graha Widya Mandala.

Koleksi dari masing-masing perpustakaan tersebut sesuai dengan fakultas/program studi yang ada dengan database yang telah terintegrasi. Tiga perpustakaan terakhir hanya memberi pelayanan pada Bagian Layanan Pemakai, Bagian Layanan Teknis berpusat di Kampus Dinoyo 42-44 Surabaya.

  1. Program Studi Di Luar Kampus Utama:
  2. Untuk Perpustakaan PSDKU berada di Jalan Manggis 15-17 Madiun dengan fasilitas sebagai berikut:
  • Ruang Perpustakaan (lantai 1) untuk layanan sirkulasi, refrensi, skripsi dan BI Corner.
  • Ruang Baca (lantai 2) untuk layanan jurnal, majalah, koran.
  • Ruang Pembelajaran, untuk ruang diskusi atau kegiatan mahasiswa.

Perpustakaan mempunyai 2 (dua) bagian pelayanan, yaitu:

  1. Layanan Teknis, yang bertugas menghimpun, mengolah serta menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah/diproses, baik koleksi tercetak maupun koleksi digital, agar dapat dimanfaatkan oleh pemustaka. Memproses semua karya tugas akhir dan karya penelitian civitas akademika agar dapat diakses secara online melalui repository institusi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (http://repository.ukwms.ac.id) dan APTIK Digital Library (ADL) melalui https://Iib.aptik.or.id.
  2. Layanan Pemakai, yang bertugas memberikan layanan:
  • Sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku dan denda)
  • Layanan peminjaman mandiri dan pengembalian buku mandiri
  • Koleksi buku tendon
  • Koleksi khusus perpustakaan (Wimasiana Corner, SNI Coner, Wimapreneur Corner)
  • Koleksi buku referensi
  • Jurnal dan majalah lepas maupun terjilid
  • Katalog terpasang (OPAC)
  • Digital Library (intranet, internet, repository, Open Journal Systems (OJS), e-journal, e-book, website)
  • Audio Visual
  • Wifi untuk pengunjung perpustakaan
  • Ruang intemet
  • Ruang diskusi
  • Learning pod
  • Ruang pelatihan
  • Surat kabar
  • Repository
  • Database ejournal
  • Cek kemiripan (Similarity Check Turnitin)
  • Layanan Online (NOEL)
  • Bebas pinjam / bebas perpustakaan, dan
  • Pemanfaatan perpustakaan lain.

Untuk layanan perpustakaan pada saat layanan luring, pemustaka dapat meminjam koleksi perpustakaan di semua lokasi perpustakaan dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif. Untuk memberikan layanan yang lebih luas kepada pemustakanya, perpustakaan bekerjasama dengan Jaringan Perpustakaan APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia), Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur (FPPTI Jatim) dengan menggunakan Kartu elektronik SUPER (sebagai surat pengantar) yang dikeluarkan oleh FPPTI Jawa Timur. Bagi anggota Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dapat mengunjungi seluruh Perpustakaan Perguruan Tinggi dari ketiga anggota FPPTI dengan membawa Kartu SUPER tersebut dengan ketentuan sesuai masing-masing perpustakaan yang dituju. Selain bekerja sama dengan perguruan tinggi baik negeri dan swasta, perpustakaan juga bekerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam penyediaan informasi dan dokumen SNI, dengan perpustakaan sekolah dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Perpustakaan Nasional serta menuju kerjasama dengan perpustakaan internasional.

PERATURAN PERPUSTAKAAN

PEMUSTAKA

Yang disebut pemustaka adalah:

  1. Pemustaka adalah setiap mahasiswa yang masih aktif atau tercatat sebagai civitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya;
  2. Untuk dapat menggunakan haknya, mahasiswa yang masih aktif diminta untuk menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang dikeluarkan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya;
  3. Keanggotaan pengguna perpustakaan berakhir apabila:
  4. Sudah tidak tercatat lagi sebagai civitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya;
  5. Setelah mendapat peringatan sebagai ke-3 (tiga), akademika pengguna Universitas tersebut masih melanggar Peraturan Perpustakaan.

HAK DAN KEWAJIBAN

  1. Hak
  2. Pemustaka berhak:

      – Menggunakan bahan pustaka tercetak di dalam perpustakaan;

      – Menggunakan bahan pustaka elektronik (repository, e-books dan e-joumal) baik di dalam maupun di luar perpustakaan;

      – Meminjam buku berdasarkan ketentuan yang tercantum dalam TATA TERTIB.

  1. Pengunjung perpustakaan hanya berhak menggunakan bahan pustaka di dalam perpustakaan.
  2. Pemustaka dapat mengusulkan bahan pustaka atau buku yang akan digunakan untuk mendukung perkuliahan tugas akhir.
  3. Memperoleh fasilitas yang diperuntukkan kepada pemustaka sesuai peraturan yang berlaku.
  1. Kewajiban

Pemustaka berkewajiban:

  1. Mentaati Tata Tertib Perpustakaan;
  2. Menjaga ketenangan di dalam perpustakaan:
  3. Bersikap sopan di dalam perpustakaan;
  4. Menjaga keutuhan dan kebersihan bahan pustaka dan ruangan;
  5. Menghargai kebutuhan sesama pemustaka

TATA TERTIB

  1. Penggunaan ruang baca/bahan pustaka.

Setiap pengunjung perpustakaan diminta untuk:

  1. Berpakaian sopan dan tidak menggunakan sandal;
  2. Menitipkan tas, jaket, map dan barang yang tidak diperlukan pada locker yang tersedia dengan syarat mencatatkan “kartu identitas” dan kunci locker (lihat peraturan penggunaan Locker);
  3. Mengisi daftar pengunjung yang telah tersedia di pintu masuk, dengan scan NRP dan KTM;
  4. Menjaga kebersihan di dalam perpustakaan;
  5. Menjaga suasana ketenangan di dalam perpustakaan;
  6. Menggunakan sarana penelusuran koleksi/katalog untuk mencari/menemukan kembali koleksi perpustakaan yang dibutuhkan, dengan mengisi “kata kunci'” dan memilih jenis koleksi sesuai kebutuhan (buku S1, Pasca, CD-ROM, Disket, Kaset, Tesis, Rekaman Video) sebelum menuju ke rak koleksi;
  7. Memperlihatkan bahan pustaka milik pribadi yang hendak digunakan di dalam dan keluar “ruang baca” kepada petugas peminjaman;
  8. Meletakkan buku-buku yang telah dibaca/digunakan di meja yang sudah disediakan;
  9. Buku-buku Referensi (bertanda “R”), karya ilmiah mahasiswa/staf pengajar, buku tendon (bertanda Tandon), koleksi majalah dan jurnal dapat dipinjam dengan seijin petugas perpustakaan;
  10. Membaca majalah lepas maupun terjilid hanya di dalam ruang baca;
  11. Memanfaatkan database journal online yang dilanggan Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sesuai aturan yang berlaku;
  12. Diperkenankan membawa air minum mineral (tidak berwarna) dalam botol bening.
  1. Cara peminjaman, pengembalian dan perpanjangan buku.

      Layanan peminjaman buku saat luring:

  1. Pemustaka yang akan meminjam buku di perpustakaan, diwajibkan:
  • Menulis nama peminjam pada kertas pencatat tanggal kembali, yang terdapat di bagian belakang buku;
  • Peminjaman Mandiri dengan cara mahasiswa memproses sendiri buku dan KTM di komputer yang telah disediakan selanjutnya proses verifikasi oleh petugas;
  • Pemustaka menandatangani bon peminjaman bahan pustaka.
  1. Jumlah dan jangka waktu peminjaman
  • Mahasiswa

Setiap mahasiswa S1 dan D3 diperkenankan untuk meminjam sebanyak-banyaknya 4 (empat) buku selama 2 (dua) minggu, untuk mahasiswa S2 dan S3 diperkenankan untuk meminjam sebanyak-banyaknya 8 (delapan) buku selama 2 (dua) minggu.

  • Staf pendidik (dosen)/tenaga kependidikan

Setiap staf pendidik dan tenaga kependidikan diperkenankan meminjam buku sebanyak-banyaknya 10 (sepuluh) buku selama 1 (satu) bulan.

  1. Pemustaka yang akan mengembalkan atau memperpanjang waktu pinjaman buku, diwajibkan untuk:

– Membawa buku yang akan dikembalikan atau diperpanjang waktu pinjamannya serta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) milik peminjam kepada petugas sirkulasi.

– Jangka waktu peminjaman buku dapat diperpanjang selama tidak ada yang memesan buku yang sedang dipinjam.

  1. Layanan peminjaman buku secara daring/online:
  2. Pengguna perpustakaan mencari data buku di katalog online perpustakaan di url htp://sirkulperpus.ukwms.ac.id;
  3. Pengguna perpustakaan mencatat nomor induk dan nomor panggil buku, untuk selanjutnya dilsikan pada form peminjaman online. Contoh: 0256/20, 920.1 Sat p-1;
  4. Pengguna mengisi data peminjaman buku di form peminjaman online (http://bit.ly/ESI_UKWMS) Data yang perlu diisikan meliputi:
  • Nama lengkap pengguna (mahasiswa/dosen)
  • NRP/NIM/NIK pengguna
  • Nomor WhatsApp
  • Email (yang masih aktif digunakan)
  • Layanan yang dipilih: (= peminjaman buku)
  • Nomor induk dan nomor panggil buku
  • Pilihan moda pengambilan buku yang dipinjam: (1) diambil sendiri (pada waktu yang ditentukan oleh perpustakaan); ATAU yang (2) menggunakan jasa pengiriman (biaya ditanggung oleh peminjam buku);
  1. Petugas perpustakaan memeriksa ketersediaan buku dan berkomunikasi dengan peminjam buku mengenai:

d.1.  Penyampaian waktu pengambilan buku (untuk pengguna yang memilih moda (1), jika tidak diambil dalam 2 (dua) harl setelah waktu ditentukan akan dikembalikan ke rak perpustakaan; ATAU

d.2. Penyampaian waktu pengiriman dan biaya pengiriman (untuk pengguna yang memilih moda (2);

  1. Pengguna perpustakaan wajib menandatangani:

e.1.  Bukti penerimaan buku yang disediakan oleh perpustakaan (untuk pengguna yang memilih moda (1); ATAU

e.2. Bukti penerimaan buku yang disediakan oleh jasa pengantaran barang (untuk pengguna yang memilih moda 2) selanjutnya mengirim foto bukti penerimaan buku kepada petugas perpustakaan.

  1. Layanan pengembalian buku secara daring/online:
  2. Pengguna perpustakaan MULAI mengisi data buku dan rencana pengembalian buku di url http://bit.ly/ESI_UKWMS

      Data yang perlu disiapkan meliputi:

  • Nama lengkap pengguna (mahasiswa/dosen)
  • NRP/NIM/NIK pengguna
  • Nomor WhatsApp
  • Email (yang masih aktif digunakan)
  • Layanan yang dipilih: (= pengembalian buku)
  • Nomor induk dan nomor panggil buku
  • Pilihan moda pengembalian buku yang dipinjam: (1) diantar sendiri pada opsi waktu yang dapat dipilih; ATAU (2) menggunakan jasa pengiriman (biaya ditanggung oleh peminjam buku);
  1. Petugas perpustakaan menyiapkan Form Tanda Terima Pengemballan Buku, berdasarkan data isian yang telah dilengkapi oleh peminjam;
  2. Petugas perpustakaan berkomunikasi dengan pengguna perpustakaan:

      c.1. Mengantarkan buku ke Kampus pada waktu yang telah diplih (lihat a.ix) ATAU

      c.2. Mengirimkan buku ke Kampus melalui jasa pengiriman online, yang diterima oleh Satpam;

  1. Petugas perpustakaan menyiapkan Form Keterangan Buku Telah Diterima dengan Kondisi Baik dan akan mengirimkannya kepada Pengguna Perpustakaan, sebagai bukti bahwa buku telah dikembalikan dalam kondisi baik, baik bagi mereka yang mengembalikannya melalui moda c.1. maupun bagi mereka yang mengembalikannya melalui moda c.2;
  2. Jika buku dikembalikan sebelum atau tepat pada tanggal pengembalian buku yang seharusnya atau pada tanggal sebagaimana tertera pada saat peminjaman buku dilakukan;
  3. Jika buku dikembalikan melampaui tanggal pengembalian buku yang seharusnya atau pada tanggal sebagaimana tertera pada saat pemminjaman buku dilakukan, maka pengguna perpustakaan wajib menjalani Prosedur Layanan Pembayaran Denda.
  1. Layanan perpanjangan peminjaman buku secara daring/online:

      Layanan perpanjangan peminjaman buku (layanan ini berlaku HANYA bagi pengguna perpustakaan yang jadwal pengembalian bukunya BELUM MELAMPAUI tanggal pengembalian buku yang seharusnya atau pada tanggal sebagaimana tertera pada saat peminjaman buku dilakukan. Apabila hal di atas TIDAK TERPENUHI, maka pengguna perpustakaan WAJIB menjalanl Prosedur Layanan Pengembalian Buku dan Prosedur Layanan Pembayaran Denda). Berikut ini alur perpanjangan peminjaman buku secara daring/online:

  1. Pengguna perpustakaan akan memperpanjang pinjaman buku:
  2. Untuk perpanjangan peminjaman buku yang pertama dapat mengisi data perpanjangan peminjaman buku secara mandini di url http://sirkulperpus.ukwms.ac.id dengan login username dan password yang digunakan pada siter akademik;
  3. jika perpanjangan peminjaman buku kedua dst., pengguna perpustakaan dapat mengis data perpanjangan peminjaman buku di form peminjaman online (http://bit.Iy/ESI_UKWMS).

Data yang perlu disiapkan meliputi:

  • Nama lengkap pengguna (mahasiswa/dosen)
  • NRP/NIM/NIK pengguna
  • Nomor WhatsApp
  • Email (yang masih aktif digunakan)
  • Layanan yang dipilih: (= perpanjangan peminjaman buku)
  • Nomor induk dan nomor panggil buku;
  1. Petugas perpustakaan menyiapkan Form Tanda Perpanjangan Peminjaman Buku berdasarkan pada data isian peminjam;
  2. Petugas perpustakaan mengirimkan Form Tanda Perpanjangan Peminjaman Buku ke pengguna perpustakaan.
  1. Sanksi

Pemustaka diharuskan mengembalikan pinjaman buku sesuai dengan tanggal kembali, keterlambatan pengembalian pinjaman buku dikenakan sanksi sebagai berikut:

  1. Setiap pemustaka yang terlambat mengembalikan buku dikenakan denda Rp. 500, (lima ratus rupiah) per hari untuk setiap satu buku, dan Rp. 1000, (seribu rupiah) untuk setiap buku Tandon; Pembayaran denda dapat melalui e-money tertentu. Berikut inl prosedur untuk layanan online pembayaran denda:
  2. Pengguna perpustakaan membayar denda sesuai ketentuan dan jumlah hari keterlambatan pengembalian buku, ke rekening Perpustakaan UKWMS (QRIS) serta menyimpan bukti elektronik pembayaran denda.
  3. Pengguna perpustakaan selanjutnya mengisi data pembayaran denda url (http://bit.ly/ESI_UKWMS).
  4. Data yang perlu diisikan meliputi:
  5. Nama lengkap pengguna (mahasiswa/dosen)

iii.     NRP/NIM/NIK pengguna

  1. Nomor WhatsApp
  2. Email (yang masih aktif dligunakan)
  3. Layanan yang dipilih: (= pembayaran denda)

vii.    Nomor induk dan nomor panggil buku

viii.   Tanggal seharusnya dikembalikan

  1. Tanggal pengembalian buku faktual
  2. Unggah form tanda terima pengembalian buku
  3. Unggah bukti pembayaran denda.
  4. Petugas perpustakaan menyiapkan bukti Tanda Terima Pembayaran Denda berdasarkan pada data isian peminjam.
  5. Petugas perpustakaan berkomunikasi dengan pengguna perpustakan mengenal jumlah dan pembayaran denda buku
  6. Petugas perpustakaan mengirimkan bukti Tanda Tenima Pembayaran Denda ke pengguna perpustakaan.
  7. Bila terjadi kehilangan atau kerusakan buku, maka peminjam wajb mengganti buku yang sama. Dalam hal dimana buku tersebut sukar diperoleh, maka peminjam tersebut disarankan untuk mengganti buku dengan subyek yang sama atau edisi yang lebih baru atau dapat dikenakan biaya 2 (dua) kali llpat harga buku pada saat yang bersangkutan memutuskan untuk membayar denda tersebut; Catatan: pada waktu meminjam buku, harap diperiksa terlebih dahulu keutuhannya Buku yang rusak, supaya diserahkan kembali kepada petugas peminjaman.
  8. Setiap pemustaka yang tidak mentaati kewajibannya dikenakan:
  • Peringatan pertama, dikirimkan Surat Peringatan I;
  • Peringatan kedua, dikirimkan Surat Peringatan II, dengan tembusan kepada Wakil Rektor I, Dekan dan orang tua;
  • Peringatan ketiga, dikirimkan Surat Peringatan III, dengan tembusan kepada Wakil Rektor I, Dekan dan orang tua;

Sanksi pencabutan hak sebagai anggota, hingga yang bersangkutan memenuhi kewajibannya sebagai anggota perpustakaan.

“TATA TERTIB PENGGUNAAN “DIGITAL LIBRARY”

Fasilitas “Digital Library” (http://digital.perpus.wima.ac.id) ini bertujuan untuk menunjang kegiatan akademik (belajar mengajar) terutama dalam pengerjaan penulisan tugas akhir dan tugas-tugas akademik lainnya. “Digital Library” berisi tugas akhir mahasiswa di bawah tahun 2010 dan e-book hasil download. “Digital Library” hanya dapat diakses di dalam lokasi kampus. Agar fasilitas yang berada dalam perpustakaan ini dapat berjalan baik, maka diperlukan tata tertib sebagai berikut:

  1. Pengguna “Digital Library” hanya diberikan kepada mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  2. Pengguna “Digital Library” tidak diperkenankan:
  • Mengubah konfigurasi jaringan tanpa sepengetahuan pengelola baik hardware maupun software;
  • Mengedit/mengubah sistem data maupun sistem program yang ada dalam

Jaringan/server/workstation tanpa otorisasi.

“Digital Library” sekarang berkembang menjadi Repository UKWMS dengan database yang berbeda. Namun “Digital Library” masih tetap dapat digunakan. Repository UKWMS beralamat URL: http:/repository.ukwms.ac.id dan segala ketentuan mengenai repository telah tercantum dalam menu utama website tersebut.

TATA TERTIB PENGGUNAAN LOCKER

Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menyediakan locker sebagai tempat penitipan tas.

Pemanfaatan locker tersebut diatur sebagai berikut:

  1. Jasa layanan penitipan tas di dalam locker hanya diberikan kepada pengunjung perpustakaan.
  2. Penitipan tas hanya dilayani selama jam buka perpustakaan.
  3. Pengguna jasa layanan penitipan tas diharuskan mengisi data yang diperlukan pada komputer locker.
  4. Barang berharga, bahan-bahan Kimia dan uang tidak diperkenankan untuk disimpan di dalam locker.
  5. Kehilangan atas barang berharga dan uang yang disimpan di dalam locker bukan merupakan tanggung jawab perpustakaan.
  6. Perpustakaan tidak menerima segala pengaduan atas hilangnya barang-barang (termasuk barang berharga dan uang) yang disimpan di dalam locker.
  7. Cara menggunakan locker: Pinjam Kunci :
  8. Scan “Kartu Tanda Mahasiswa” (KTM) yang masih berlaku;
  9. Mengambil kunci locker dari rak kunci;
  10. Scan kunci locker;
  11. Masukkan tas ke locker; Pengembalian Kunci;
  12. Ambil tas dari locker;
  13. Scan “Kartu Tanda Mahasiswa” (KTM);
  14. Scan kunci locker;
  15. Meletakkan kunci locker ke rak kunci.
  16. Sanksi: Pengguna yang terlambat mengembalikan kunci locker akan dikenakan sanksi denda sebagai berikut:
  17. Rp. 5000, – (lima ribu rupiah) per hari untuk keterlambatan pengembalian kunci locker;
  18. Rp. 5000,- (lima ribu rupiah) bagi pengguna locker yang ternyata bukan pengunjung Perpustakaan (Tidak ada di ruang perpustakaan);
  19. Kerusakan dan kehilangan kunci locker merupakan tanggung jawab pengguna, dan yang bersangkutan dikenakan sanksi denda sebesar Rp. 25.000, – (dua puluh lima ribu rupiah).
  20. Selain peminjaman locker pengunjung perpustakaan dapat memanfaatkan tas khusus (bening)

bagi pengunjung membawa barang-barang yang banyak.

INTERNET

Fasilitas akses internet ini bertujuan untuk menunjang kegiatan akademik (belajar mengajar). Agar fasilitas ini dapat berjalan baik, maka diperlukan tata tertib sebagai berikut:

  1. Pengguna akses internet hanya diberikan kepada mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
  2. Pengguna akses internet tidak diperkenankan:

– Mengubah konfigurasi jaringan tanpa sepengetahuan pengelola baik, hardware maupun software;

– Mengedit/mengubah sistem data maupun sistem program yang ada dalam jaringan/server/workstation tanpa otorisasi;

– Hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan proses belajar mengajar;

– Membawa makanan dan minuman di ruang internet.

  1. Komputer untuk akses internet dibatasi hanya 1 (satu) orang untuk masing-masing komputer.
  2. Scan QR pengguna internet yang telah disediakan di depan ruang internet (di pintu masuk perpustakaan).
  1. Lama penggunaan akses internet maksimal 1 (satu) jam per hari atau 4 (empat) jam per minggu untuk setiap mahasiswa.

RUANG DISKUSI

Fasilitas ruang diskusi bertujuan untuk menyediakan tempat bagi pemustaka mendiskusikan kegiatan akademik (belajar mengajar). Agar fasilitas dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan tata tertib sebagai berikut :

  1. Pengguna adalah mahasiswa aktif Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya;
  2. Menyerahkan KTM ke petugas dan scan QR Peminjaman Ruang Diskusi;
  3. Menjaga kebersihan dan keamanan fasilitas ruang diskusi;
  4. Hanya menggunakan ruang untuk kegiatan akademik;
  5. Membawa peralatan tulis / boardmaker sendiri;
  6. Layanan sesuai jam buka perpustakaan;
  7. Tersedia TV smart android untuk penelusuran sumber informasi dan presentasi untuk diskusi.

TATA TERTIB PEMANFAATAN RUANG STUDI PRIBADI (RSP) PASCASARJANA

  1. Digunakan untuk belajar hanya 1 (satu) orang mahasiswa S3
  2. Ruang dapat dipinjam selama 1 (satu) semester sesuai jam buka perpustakaan
  3. Meminjam kunci ruang serta mengisi surat pernyataan
  4. Menjaga kebersihan, kerapian ruang serta perabot
  5. Menjaga ketenangan ruangan
  6. Hanya diperkenankan menyimpan bahan belajar mengajar pascasarjana
  7. Ketika selesai belajar di dalam ruang, mohon dikunci kembali.

SUMBER-SUMBER INFORMASI PERPUSTAKAAN

Sumber-sumber informasi yang disediakan ole perpustakaan antara lain:

  1. Katalog Online (Online Public Access Catalog-OPAC)

Katalog Online (OPAC) tersebut dapat diakses melalui http:// sirkul. ukwms.ac.id. Katalog online merupakan sarana penelusuran koleksi perpustakaan yang dapat diakses secara online. Koleksi yang dapat diakses tersebut terdiri dari koleksi buku teks, koleksi tugas akhir, prosiding, koleksi audio visual.

  1. Katalog Jurnal

Katalog online dapat diakses melalui http://katalogjurnal. wima.ac.id. Katalog jurnal in merupakan daftar judul-judul jurnal dan majalah cetak yang dilanggan maupun hadiah.

  1. DigitalLibrary

“Digital Libray” (http://digital.perpus.wima.ac.id) ini bertujuan untuk menunjang kegiatan akademik (belajar mengajar) terutama dalam pengerjaan penulisan tugas akhir dan tugas-tugas akademik lainnya. “Digital Library” berisi tugas akhir mahasiswa di bawah tahun 2010, e-journal dan e-book hasil download. “Digital Library” hanya dapat diakses di dalam lokasi kampus.

  1. Repositori Institusi

Repositori Institusi dapat diakses melalui http://repository.ukwms.ac.id. Repositori institusi memuat koleksi-koleksi tugas akhir dan karya ilmiah yang dapat diakses secara full text. Akses repositori secara fulltext menggunakan password yang dapat diperoleh dari petugas setiap minggu.

  1. Jurnal Online Unika Widya Mandala Surabaya

Jurnal online yang memuat jurnal-jurnal yang diterbitkan Universitas Katolik Widya Mandala

Surabaya dan dapat diakses secara full text dapat diakses melalui http:// journal. wima.ac.id.

  1. APTIK Digital Library (ADL)

ADL dapat diakses melalui http://lib.aptik.or.id. ADL merupakan digital library yang memuat semua koleksi yang dimiliki oleh anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik se-Indonesia. Koleksi tersebut berupa buku, prosiding, karya ilmiah, karya tugas akhir, audio visual, majalah dan jurnal. Untuk koleksi tugas akhir tersedia dalam bentuk full text yang dapat diunduh, sebelum mengunduh file fulltext tersebut pengunjung ADL harus teregistrasi/terdaftar dahulu. Untuk pendaftaran anggota ADL tidak dipungut biaya.

  1. E-Books

Selain buku-buku tercetak, perpustakaan juga memiliki buku-buku dalam bentuk elektronik yang dapat diakses maupun diunduh secara gratis. Untuk dapat mengakses e-books milik perpustakaan, pemustaka dapat mengakses melalui internet melalui alamat https://sirkulperpus.ukwms.ac.id/login

  1. E-journal

Database online (pangkalan data daring) yang dilanggan Perpustakaan Universitas Katolik Widya

Mandala Surabaya, yakni:

  1. PROQUEST Untuk mengaksesnya melalui http: // search.proquest.com/. Adapun database online ini memuat subjek bidang ekonomi dan bidang kesehatan, keperawatan, farmasi, kedokteran.
  2. GALE Sejak tahun 2020 perpustakaan melanggan Gale Cengage. Untuk mengaksesnya melalui http://infotrac.galegroup.com/itweb/idfpptij. Database ini memuat jumal bidang teknik dan humaniora.
  3. TAYLOR & FRANCIS Reading and Writing Quarterly dengan alamat URL http://www.tandfonline.com/toc/urwl20/current
  1. EMERALD, sejak bulan Mei 2023, perpustakan melanggan Emerald dengan bidang Business, Management & Strategy, Accounting, Finance, economic das hidang Marketing. Database e journal dapat diakses melalui url https://www.emerald.com/insight/
  2. Sejakiahun 20221 Universtas Katolik Widya Mandala Surab Ya couriang, an, ScienceDirect untuk Sean tangineering, bidang Business, Management and Accounting, bidang Pharmacology,Toxiology and Pharmaceutical Sciences dan bidang Nursing and Heath Professions. Untuk Database e journal ScienceDirect dapat diakses melalui htps://www.sclencedirect.com/ dengan register terlebih dahulu menggunakan email dengan domain @ukwms.ac.id.
  3. Untuk mendukung publikas; ilmiah bagi sivitas akademika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, sejak bulan Juni 2023 melanggan Scopus melalui link https:/scopus.com dapat diakses dengan menggunakan email dengan domain @ukwms.ac.id

Untuk dapat mengakses database online / jurnal online tersebut harus menggunakan username dan password. Username dan password tersebut dapat diperoleh di perpustakaan.

Di samping yang dilanggan, tersedia pula database yang open access yang dapat diakses. Database tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Directory Open Access Journal (DOAJ) dengan url  https:// doaj.org/
  2. Directory Open Access Book (DOAB) dengan url https:/ /doabooks.org/en/doab
  3. Jurnal terakreditasi SINTA, dengan url https://sinta.kemdikbud.go.id/
  4. Jurnal Nasional, dengan ur https://garuda.kemdikbud.go.id/
  5. Jurnal-jurnal yang dilanggan PERPUSNAS, dengan ur https://e-resources.perpusnas.go.id/
  6. Cambridge University Press https://www.cambridge.org/core/what-we-publish/open-access
  7. Taylor & Francis https://www.tandfonline.com/openaccess
  8. ELSEVIER https://www.elsevier.com/about/open-science/open-access/open-access-journals
  9. WILEY https://authorservices.wiley.com/open-research/open-access/index.html
  10. SPRINGER https://www.springeropen.com/
  11. SCIENCE DIRECT https://www.sciencedirect.com/browse/journals-and-books
  12. JSTOR https://about.jstor.org/oa-and-free/

Permintaan artikel berbayar untuk penelitian dapat menghubungi Perpustakaan (syarat dan ketentuan berlaku).

LITERASI INFORMASI (Library Class)

Fasilitas literasi informasi atau LibClass bertujuan sebagai sarana belajar sepanjang hayat bagi sivitas akademika dan meningkatkan penggunaan fasilitas perpustakaan dalam bentuk library class. Literasi informasi dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan juga sesuai dengan peminat yang mendaftar pada Kepala Bagian Layanan Pemakai (ext. 206 Kampus Dinoyo). Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Integritas akademik
  2. Pemanfaatan Perpustakaan bag mahasiswa baru
  3. Penelusuran Sederhana
  4. Pemanfaatan Sumber-sumber Informasi Perpustakaan
  5. Penerbitan Buku (Pengurusan ISBN/ISSN, dan DOI)
  6. Pengelolaan e-Journal dengan program OJS (Online Journal System)
  7. Pemanfaatan program Check Similarity
  8. Pengelolaan Referensi dengan program Mendeley
  9. Unggah Mandiri karya ilmiah mahasiswa pada repository UKWMS

ALUMNI

Alumni dapat memanfaatkan fasilitas Perpustakaan hanya baca ditempat dan fotokopi dengan menunjukkan Kartu Alumni yang dikeluarkan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan menulis di Buku Tamu.

JAM LAYANAN PERPUSTAKAAN

Kampus Dinoyo

Senin – Kamis : 08.00 – 18.00 WIB

Jumat: 08.00 – 10.30 WIB (tutup Misa) Buka kembali 12.00 – 18.00 WIB

Perpustakaan Pascasarjana

Senin -Jumat : 16.00 – 19.00 WIB

Kampus Kalijudan

Senin – Kamis : 08.00 – 16.00 WIB

Jumat: 08.00 – 10.30 WIB (tutup Misa) buka kembali 12.00 – 16.00 WIB

Kampus Pakuwon City

Senin – Kamis : 08.00 – 16.00 WIB

Jumat: 08.00 – 10.30 WIB (tutup Misa) Buka kembali 12.00 – 16.00 WIB

Perpustakaan PSDKU

  • Ruang perpustakaan Senin – Jumat: 08.00 -16.00 WIB
  • Ruang baca dan ruang pembelajaran Senin – Jumat: 08.00 -16.00 WIB

Pengunjung dari luar sivitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dapat memanfaatkan fasilitas Perpustakaan hanya baca di tempat dan fotokopi dengan memenuhi ketentuan meninggalkan kartu identitas di petugas dan mengisi Buku Tamu.

Jam Layanan pada libur perkuliahan antar semester Perpustakaan Kalijudan dan Pakuwon tutup pk. 16.00 WIB, Perpustakaan Kampus Dinoyo pk. 18.00 WIB, Perpustakaan Pascasarjana TETAP pk. 20.00 WIB

E-mail Perpustakaan Kampus Utama: library@ukwms.ac.id

Website: http://library.ukwms.ac.id

Email perpustakaan PSDKU: perpustakaan@widyamandala.ac.id