PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA MELALUI SEMINAR KARIR

PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA MELALUI SEMINAR KARIR

(UKWMS-7/3) – Pembekalan diri untuk mahasiswa semester enam keatas yang akan memasuki dunia kerja kini menjadi semakin penting. Berkembangnya arus informasi membuat iklim ketenagakerjaan semakin dinamis. Memasuki MEA dan AFTA pada 2016 ini, tenaga kerja Indonesia harus meningkatkan kualitas dirinya agar siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Menyadari situasi tersebut, Lembaga Pengembangan dan Kerja Sama (LPKS) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya membantu mahasiswanya untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja nanti melalui Seminar Karir.

 

Seminar Karir ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa UKWMS semester enam keatas yang berlangsung setiap enam bulan sekali. Pada tahun 2016 di semester genap ini Seminar Karir berlangsung selama empat hari, dengan tema besar “You and Only You are Responsible for Your Life Choices and Decisions”. Bertempat di ruang A301 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jl. Dinoyo  42  –  44 Surabaya, kegiatan edukatif yang  berlangsung selama empat hari ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang. Mereka menyampaikan beberapa topik yang berbeda dalam seminar empat hari ini.

 

Pada hari pertama (1/3), Seminar Studi Lanjut  dengan topik What’s Next after Your Bachelor Degree?  Prof. Anita Lie, Ed.D selaku Direktur Pasca Sarjana Widya Mandala memberikan materi mengenai pentingnya studi lanjut dan kesempatan yang lebih terbuka lebar untuk peningkatan jenjang karir. Sedangkan Erlyn Erawan, Psy.D yang juga merupakan Kepala Kantor Urusan Internasional UKWMS memberikan gambaran  bagaimana cara mencari universitas di luar negeri, kehidupan berelasi dengan teman beda budaya, bagaimana penyesuaian dengan iklim yang berbeda, dan persiapan apa saja untuk bertahan hidup. Narasumber ketiga adalah dosen Fakultas Psikologi, Michael Seno Rahardanto, M.A., yang juga penerima beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan. Pada seminar ini, Danto berbagi pengalaman tentang cara mendapatkan beasiswa pemerintah dan sharing mengenai persiapan yang dilakukan dalam menempuh studi lanjutnya.

 

Seminar masih berlanjut pada hari kedua (2/3), mengenai Seminar Kewirausahaan  dengan topic Ways to be an Entrepreneur.  Seminar hari kedua ini dibawakan oleh Stefan Marhandian dan Dodi Agustian, MM yang berasal dari Komunitas Edukasi Retail Indonesia. Mahasiswa diberi pengarahan bagaimana menjadi wirausaha yang berhasil. Mulai dari menentukan produk yang akan dijual, media atau jalur apa yang digunakan untuk mempromosikan produk, dan segmentaasi apa yang akan disasar. Pada seminar ini juga Tim Terbaik Pemenang Hibah Program Mahasiswa Wirausaha 2015 se-Kopertis 7 yang berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS membagikan pengalaman mereka mengenai proses awal mereka membuat perencanaan bisnis, eksekusi bisnis, hingga evaluasi bisnis. Dengan membagikan pengalaman tersebut, mereka berharap mahasiswa UKWMS aktif dalam mengikuti program serupa untuk mengasah kemampuan wirausaha.

 

Seminar hari ketiga (3/3), adalah tentang persiapan kerja dengan topik How to Sell Your Potency. Seminar hari ketiga ini dibawakan oleh Dr. Nurlaila Effendy, M.Si , tentang bagaimana menjadi karyawan yang professional. Mulai dari bagaimana mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara kerja, sehingga ketika diterima bisa merasa senang dan nyaman dengan pekerjaan. “Jika di suatu posisi seseorang tidak melakukan dengan maksimal, bukan karena orang tersebut tidak bisa, namun karena ia berada di bidang atau posisi yang tidak sesuai dengan passionnya”, kata Nurlaila.

 

Memasuki hari terakhir rangkaian acara seminar karir, pada hari keempat (4/3), Seminar Dunia Kerja berlangsung dengan topik From Students to Be Professionals. Seminar yang dibawakan oleh Ferry Wirawan Tedja selaku perwakilan dari PT. Kapal Api Global memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana menjadi karyawan yang siap bekerja secara profesional. Selain keterampilan dan pengetahuan, attitude juga sangat diperlukan dalam dunia kerja. Di dunia kerja dibutuhkan kecerdasan emosional karena akan berhubungan dengan banyak orang yang berbeda karakter dan latar belakang budaya. Hal ini  mempengaruhi seseorang dalam bekerja di dalam teamwork.

 

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKMWS) merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki komitmen untuk membentuk mahasiswa memiliki pribadi peka dan memiliki keunggulan kompetitif. UKWMS memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas melalui program pendidikan dan proses pembelajaran yang tidak saja bersifat konseptual teoritis, namun juga secara praktik aplikasi.

 

UKWMS menyadari bahwa membentuk lulusan yang siap kerja dan memiliki skill, knowledge, dan attitude yang dibutuhkan oleh perusahaan memerlukan upaya lebih. Salah satu cara UKWMS mempersiapkan calon lulusan sebelum memasuki dunia kerja adalah dengan memberikan pembekalan tentang kehidupan di dunia professional. Seminar karir ini sangat bermanfaat untuk kesiapan mahasiswa setelah lulus dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. (Devina Felbania)