Fisika Bersuka di Sukapura

(UKWMS-9/5/2015) Fisika mengabdi untuk negeri, demikianlah yang dikerjakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Berlokasi di lereng Gunung Bromo, SMA Negeri 1 Sukapura menjadi pilihan utama masyarakat di sana untuk menuntut ilmu. Fasilitas yang bisa dibilang kurang memadai, tidak membuat siswa di sana bersemangat untuk terus menimba ilmu. Meski demikian, beratnya medan, dan juga cuaca yang seringkali tidak mendukung proses pembelajaran tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bersekolah.

Sebagai wujud pengabdian mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika kepada masyarakat, dilaksanakan program tahunan yakni program Pelayanan Praktikum Fisika untuk Sekolah Menengah. Keterbatasan alat – alat praktikum yang dimiliki oleh sekolah menjadi alasan kuat untuk terus menjalankan program ini. Demikian juga halnya dengan SMA Negeri 1 Sukapura, keterbatasan alat – alat praktikum menjadi hal yang wajar karena lokasi geografis sekolah ini yang jauh dari perkotaan. Pada hari Sabtu (9 Mei 2015)  rombongan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang berjumlah enam orang dan Bapak Anthony Wijaya,S.Pd.,M.Si. berkesempatan untuk mengadakan layanan praktikum di SMA Negeri 1 Sukapura.

DSCF0509

“Praktikum Meja Gaya, Pipa U dan Pipa Hare, dan Hukum Ohm menjadi topik praktikum yang kami praktekkan bersama para siswa di sana. Setelah mendengarkan instruksi dari kami, dengan didampingi para mahasiswa mereka melakukan praktikum bersama – sama. Rasa lelah akibat perjalanan Surabaya – Probolinggo terbayar sudah dengan antusiasme serta keramahan yang mereka berikan selama di sana. Mereka juga berharap di tahun – tahun mendatang kami dapat kembali ke sana untuk melakukan kegiatan serupa,” ujar Anthony. Jaya Fisika! (Daniel Pratama)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang