Bahayanya Cedera Regangan Berulang

Ilustrasi-Bahayanya-Cedera-Regangan-Berulang_Creator-Kindel-Media_Sumber-Pexels-scaled.jpeg

(UKWMS – 28/02/2024) Setiap tahun, tanggal 28 Februari adalah peringatan Hari Kesadaran Cedera Regangan Berulang Internasional. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya cedera regangan berulang. Diharapkan, dengan kesadaran akan hal ini, maka orang pun mau mempelajari bagaimana mencegahnya. 

Cedera regangan berulang adalah cedera yang terjadi akibat pengulangan gerakan yang sama berulang kali. Seperti yang sering terjadi pada pekerja yang melakukan gerakan yang sama berulang kali dalam waktu yang lama. Cedera ini dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh, seperti tangan, pergelangan tangan, bahu, leher, punggung, dan kaki.

Penginisiasi peringatan ini adalah Catherine Fenech, seorang individu yang peduli akan keselamatan kerja di Kanada. Pertama kali diluncurkan tahun 2000, kini banyak organisasi dan lembaga yang mengadakan kampanye dan acara untuk memperingatinya. 

Terdapat beberapa gejala cedera regangan berulang yang sering muncul. Antara lain rasa sakit, kelemahan, kesemutan, dan kaku pada bagian tubuh yang terkena.Demi kesehatan, penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan mengenali gejala cedera regangan berulang. 

Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan antara lain melakukan peregangan. Terutama sebelum dan setelah melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan yang sama berulang kali. Bisa juga dengan menghindari posisi yang tidak nyaman, dan menggunakan alat bantu yang tepat. 

Jika menurutmu kesehatan itu penting dan berminat untuk menjadi tenaga kesehatan, pertimbangkan untuk mengambil program kuliah jurusan kesehatan. Tentunya, siapapun punya kesempatan untuk bergabung dengan Fakultas Kedokteran ataupun Fakultas Keperawatan UKWMS selama memenuhi syarat. (VW)

Sumber:

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/26/00000021/tanggal-28-februari-2024-memperingati-hari-apa-

https://www.researchgate.net/publication/373119407_Ilmu_Kebidanan_Teori_Aplikasi_dan_Isu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia agar memberikan keadilan secara kemanusiaan bagi para korban kejahatan dan perang.

Mendukung Hari Keadilan Sedunia

(UKWMS – 17/07/2024) Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia. Terutama dalam rangka mendukung

UKWMS Open Hiring

(UKWMS – 3/7/2024) – Pusat Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (P3SDM UKWMS), adakan Open Hiring. Pada kesempatan ini, UKWMS