Hari Pasar Modal Indonesia

Ilustrasi-artikel-Artikel-Hari-Pasar-Modal-Indonesia_oleh-Mohamed-Hassan-Pxhere

(UKWMS – 03/06/2024) Hari Pasar Modal Indonesia diperingati setiap tanggal 3 Juni. Pasar modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Selain itu juga berhubungan dengan perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dalam sejarahnya, pasar modal telah hadir sebelum Indonesia merdeka. Diawali dengan bursa efek pertama kali dibentuk pada 1912 di Batavia, yang sekarang menjadi Jakarta, oleh pemerintah kolonial Belanda.

Pada 3 Juni 1952, Bursa Efek Jakarta dibuka kembali setelah beberapa kali ditutup akibat perang dunia I dan II. Kala itu, operasional bursa dilakukan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek (PPUE). Perserikatan ini beranggotakan bank negara, bank swasta, dan para pialang efek. Sejak saat itu, tanggal 3 Juni ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

Pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian sebuah negara. Tujuan peringatan Hari Pasar Modal Indonesia adalah untuk meningkatkan kesadaran berinvestasi di pasar modal kepada masyarakat umum. Oleh sebab itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pelaku pasar modal untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. Fokus kerjasama itu ada pada edukasi dan inklusi keuangan di bidang pasar modal.

Pasar modal juga berfungsi sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan atau institusi pemerintah. Ini dilakukan melalui instrumen perdagangan jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya. Dalam sejarahnya, pasar modal telah mengalami beberapa periode kevakuman. Seperti pada masa perang dunia I dan II, serta krisis ekonomi yang mengakibatkan penutupan operasional bursa beberapa kali.

Sekarang, pasar modal di Indonesia dipantau oleh OJK dan dilakukan oleh BEI. Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran berinvestasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Sebagai jajaran universitas terbaik di Indonesia, UKWMS juga memiliki Fakultas Bisnis, di mana civitas juga bisa mempelajari tentang seluk beluk pasar modal. Tunggu apalagi, mari bergabung menjadi civitas UKWMS. (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia agar memberikan keadilan secara kemanusiaan bagi para korban kejahatan dan perang.

Mendukung Hari Keadilan Sedunia

(UKWMS – 17/07/2024) Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia. Terutama dalam rangka mendukung

UKWMS Open Hiring

(UKWMS – 3/7/2024) – Pusat Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (P3SDM UKWMS), adakan Open Hiring. Pada kesempatan ini, UKWMS