Kesehatan Mental untuk Semua Orang

(UKWMS – 8/6/2024) – Kesehatan Mental atau mental health saat ini masih menjadi fokus kita bersama. Tidak sedikit pula yang masih bingung dengan deskripsi dan pentingnya kesehatan mental. Baik oleh individu, komunitas, hingga institusi Pendidikan. Termasuk bagi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Karena itu, Fakultas Psikologi UKWMS, menggelar Seminar Kesehatan Mental dengan tema Mind Matters: Mental Health is For Everyone, pada Jumat (7/6).

Berikutnya hadir sebagai narasumber di Multi Purpose Room UKWMS Kampus Pakuwon City, yakni Happy Cahaya Mulya, M.Psi., Psikolog dan Michael Seno Rahardanto, MA. Keduanya merupakan dosen Fakultas Psikologi UKWMS.

Happy hadir membawakan materi Become Mentally Healthy through SPIRE. Kesehatan mental bukan melulu tentang gangguan. “Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental. Salah satu pemicunya adalah ketidakmampuan mengelola stres. Termasuk tidak mampu mengatasi luka batin, sehingga mengalami gangguan mental,” ujar Happy.

Happy Cahaya Mulya menyampaikan materi dalam Seminar Mental Health di UKWMS (dok. PKP UKWMS)

 Stres tidak selalu hal yang buruk, karena itu membantu kita bergerak. Permasalahannya, tidak semua stres bisa kita kelola dengan baik. Lebih lanjut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengelola stres yang terdiri dari, Spiritual Well-being, Physical Well-being, Intellectual Well-being, Relational Well-being, dan Emotional Well-being atau disingkat SPIRE.

Materi selanjutnya, disampaikan oleh Danto – sapaan akrab Rahardanto. Berbeda dengan Happy yang menyampaikan teori, Danto membawakan praktik untuk meredakan stres. Ada dua teknik yang dipraktikkan bersama peserta, yakni Brain Gym dan Terapi Tawa. Kedua terapi ini pun bisa dilakukan mulai anak kecil hingga lansia.

“Melalui gerakan-gerakan Brain Gym dan Terapi Tawa, kita sebenarnya bisa fokus sejenak dengan diri kita. Melupakan sejenak hiruk pikuk pekerjaan, tugas, dan beban pikiran kita agar bisa rileks. Bahkan mengurangi rasa gugup hingga membuat kita lebih bahagia. Dan terapi ini bisa kita lakukan siapapun, kapan saja dan dimana pun, tanpa biaya,” jelas Danto.

UKWMS Luncurkan Unit Layanan Konseling

Agustina Engry selaku Ketua PLP UKWMS memperkenalkan Unit Layanan Konseling bagi civitas UKWMS (dok. PKP UKWMS)

Lebih lanjut pada kesempatan ini pula, diluncurkan Unit Layanan Konseling UKWMS secara perdana. “Unit Layanan Konseling UKWMS ini merupakan unit baru, di bawah Pusat Layanan Psikologi (PLP) UKWMS. Layanan ini ditujukan bagi civitas UKWMS secara gratis, sebagai bantuan awal untuk permasalahan yang ringan. Tentunya, jika permasalahannya lebih serius maka akan dirujuk lebih lanjut,” jelas Agustina Engry, M.Psi., Psikolog., selaku Ketua PLP UKWMS.   

Oleh karena itu, untuk memanfaatkan layanan ini civitas UKWMS akan mengisi formulir untuk membuat janji temu. Proses konseling sendiri dapat dilakukan secara luring di UKWMS Kampus Pakuwon City atau di PLP. Namun bisa juga dilakukan secara daring melalui zoom. Unit Layanan Konseling UKWMS, secara resmi akan beroperasi di bulan Juli 2024. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia agar memberikan keadilan secara kemanusiaan bagi para korban kejahatan dan perang.

Mendukung Hari Keadilan Sedunia

(UKWMS – 17/07/2024) Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia. Terutama dalam rangka mendukung

UKWMS Open Hiring

(UKWMS – 3/7/2024) – Pusat Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (P3SDM UKWMS), adakan Open Hiring. Pada kesempatan ini, UKWMS