Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Rabu-Tanggal-20-Desember-2023-Memperingati-Hari-Apa-Hari-Solidaritas-Kemanusiaan-Internasional.jpg

(UKWMS – 20/12/2023) Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional diperingati setiap tanggal 20 Desember untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya solidaritas. Tahun 2023, Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional jatuh pada hari Rabu tanggal 20 Desember. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk merayakan persatuan dalam keberagaman. Juga mengingatkan pemerintah agar menghormati komitmen mereka terhadap perjanjian internasional.

Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional ini penting, terutama dalam konteks globalisasi dan tantangan meningkatnya kesenjangan. Adapun nilai-nilai kemanusiaan yang diperingati antara lain seperti empati, keadilan, dan tanggung jawab bersama.

Empati, Keadilan dan Tanggung Jawab dalam Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Pada peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional, empati dan keadilan memiliki makna yang mendalam. Empati: Merujuk pada kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan serta pengalaman orang lain. Nilai ini mengingatkan kita akan pentingnya untuk selalu memperlakukan sesama dengan pengertian dan kepedulian. Utamanya dalam situasi-situasi sulit yang merupakan penderitaan bagi manusia.

Keadilan: Menyiratkan prinsip kesetaraan dan perlakuan yang adil bagi semua individu tanpa memandang perbedaan. Dalam konteks peringatan ini, keadilan menjadi landasan utama dalam upaya membangun solidaritas dan persatuan. Terutama dalam menangani berbagai isu kemanusiaan di tingkat lokal maupun global.

UKWMS sebagai jajaran universitas terbaik di Surabaya, aktif mengasah nilai-nilai ini dengan berbagai cara. Satu di antaranya adalah dengan mengadakan berbagai talkshow dengan narasumber berkualitas. 16 Oktober 2023 lalu, diselenggarakan sesi Inspiring Insight mengundang Dr. Carina Joe sebagai tamu. 

Tema yang diangkat adalah Inovasi Sains untuk Kesejahteraan Manusia. Tepatnya tentang “Kisah Sukses Carina Joe serta Dampaknya pada Pencapaian SDG 3 dan 9”. Melalui talkshow ini, sivitas akademika UKWMS bisa menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama. 

Dengan peringatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan responsif terhadap berbagai tantangan kemanusiaan. Demikian juga kita sebagai civitas UKWMS; semoga mampu menghasilkan karya yang berdampak serta berkelanjutan bagi masyarakat. (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang