FKIP UKWMS Ajak Siswa ke Laboratorium Fisika

FKIP UKWMS Ajak Siswa ke Laboratorium Fisika

(UKWMS – 23/09/2022) – Situasi pandemi yang kini kian membaik, membuat beberapa kegiatan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) aktif kembali secara perlahan. Salah satunya, Program Studi Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang kerap menggelar kegiatan rutin, yakni membuka laboratorium Fisika untuk siswa SMA/SMK melakukan eksperimen fisika secara langsung. Sebelumnya, ketika angka pandemi covid-19 melambung, kegiatan ini hanya bisa dilakukan secara daring melalui webinar seri laboratorium Fisika.

Kegiatan ilmiah ini membantu para siswa untuk menumbuhkan sikap ilmiah, memiliki ketrampilan untuk melakukan eksperimen fisika, dan memahami teori Fisika melalui kegiatan praktikum yang terkait. Para siswa mengungkapkan, dengan melakukan eksperimen pembelajaran pun akan lebih mudah untuk dimengerti.

Pada Jumat (16/09) lalu, giliran siswa kelas XII IPA dari SMA Kr. Dharma Mulya Surabaya melakukan kegiatan eksperimen fisika di Laboratorium Fisika UKWMS. Adapun topik eksperimen yang dilakukan adalah Hukum Ohm, Jembatan Wheatstone, dan Generator Van de Graaff.

“Kami senang para siswa antusias untuk melakukan eksperimen, terlebih pertama kalinya setelah pandemi,” ujar Mateus Yumarnamto, S.Pd., M.Hum., Ph.D., selaku Wakil Dekan II FKIP UKWMS. Para dosen dengan senang hati membantu dan membimbing para siswa agar dapat melaksanakan eksperimen dengan benar. (red1/Red)