Hari Penemu Sedunia

ilustrasi-inovasi_sumber-gambar-dari-teknologi.bisnis.com

(UKWMS- 9/11/2023) Hari Penemu Sedunia diperingati setiap tanggal 9 November untuk menghormati jasa para penemu di seluruh dunia. Hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan pentingnya penemuan dan inovasi dalam memajukan kehidupan manusia.

Sebagai institusi pendidikan yang termasuk universitas swasta terbaik di Surabaya, UKWMS juga berkomitmen untuk mendorong civitasnya untuk terus berinovasi. Sebelum membahas tentang itu, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Hari Penemu Sedunia:

  1. Hari Penemu Sedunia lahir dari gagasan para Pemandu dan Pramuka dunia pada tahun 1926 untuk memiliki hari istimewa yang bersifat gerakan global.
  2. Tanggal 9 November dipilih sebagai Hari Penemu Sedunia untuk menghormati aktris asal Austria bernama Hedwig Eva Maria Kiesler atau yang lebih dikenal dengan nama Hedy Lamarr. Hedy Lamarr adalah seorang aktris sekaligus penemu asal Austria yang lahir pada 9 November 1914.
  3. Penemuan yang dilakukan oleh para penemu telah memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia. Contohnya, penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell telah mengubah cara manusia berkomunikasi, sedangkan penemuan vaksin oleh Edward Jenner telah menyelamatkan jutaan nyawa manusia.
  4. Hari Penemu Sedunia juga bertujuan untuk mempromosikan pentingnya penemuan dan inovasi dalam memajukan kehidupan manusia. Dalam era digital saat ini, penemuan teknologi seperti internet dan smartphone telah mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja.
  5. Indonesia juga memiliki sejarah penemuan yang patut diapresiasi. Contohnya, penemuan bahasa Indonesia oleh Ki Hajar Dewantara telah mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Di bidang kesehatan, ada penemuan vaksin MR juga dilakukan oleh seorang dokter Indonesia, yaitu dr. Oetoyo pada tahun 1970-an.

Dalam rangka memperingati Hari Penemu Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 November, kita dapat mengapresiasi jasa para penemu dan inovator di seluruh dunia. Kita juga dapat mempromosikan pentingnya penemuan dan inovasi dalam memajukan kehidupan manusia.

UKWMS pun terus bergerak untuk melakukan inovasi-inovasi terbaru dalam berbagai bidang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Contoh Fakultas Farmasi, Fakultas Kewirausahaan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, telah melahirkan banyak inovasi yang membantu masyarakat dan sekitar.

Jadi, berinovasi itu penting, tapi mulai dari mana? Tentu bisa dari diri sendiri, maka pikirkan inovasi macam apa yang bisa kita usahakan dan wujudkan selagi berkarya di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. (VW/Red1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia agar memberikan keadilan secara kemanusiaan bagi para korban kejahatan dan perang.

Mendukung Hari Keadilan Sedunia

(UKWMS – 17/07/2024) Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia. Terutama dalam rangka mendukung

UKWMS Open Hiring

(UKWMS – 3/7/2024) – Pusat Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (P3SDM UKWMS), adakan Open Hiring. Pada kesempatan ini, UKWMS