Kampus Berkontribusi Melestarikan Lingkungan

Ilustrasi-Pelestarian-Lingkungan-di-Hari-Pohon-Sedunia

(UKWMS -21/11/2023) Hari Pohon Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. Tujuannya untuk mengajak masyarakat melakukan penanaman, merawat, dan melestarikan pohon. Sebagai jajaran universitas swasta terbaik di Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya selalu berusaha untuk dapat berpartisipasi. Sekalipun tak selalu diadakan di Hari Pohon Sedunia, UKWMS termasuk aktif berupaya nyata dalam pelestarian lingkungan.

Menanam dan melestarikan pohon merupakan upaya penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Pohon menyediakan oksigen, menjaga kualitas air, serta melindungi keragaman hayati. Penanaman pohon dalam jumlah banyak di tempat yang tepat juga dapat mencegah bencana lingkungan.

Dengan demikian, peringatan Hari Pohon Sedunia bisa menjadi ajang baik bagi berbagai pihak. Utamanya untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon dan penghijauan.

Upaya nyata UKWMS dalam pelestarian lingkungan

Tahun lalu, jurusan Teknik Industri UKWMS melaksanakan PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) dalam bentuk Penyelenggaraan Proyek Desa. Lokasinya di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, tepatnya di Gubug Lazaris. Ada 2 kegiatan utama pada 15-16 Oktober 2022. Pertama, penanaman pohon sebagai salah satu upaya nyata dalam pelestarian lingkungan. Kedua, sarasehan dengan topik “Keamanan Pangan”. 

Teknik Industri melibatkan 5 mahasiswa (Yulius Afendi, Alvito Dean Locta, Ifan Yulianto, Fahruddin Fahmi Apta, dan Rahma Tri Wahyuastuti) dalam Proyek Desa tersebut. Mahasiswa berbagi pengetahuan yang didapat selama perkuliahan. Acara dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari Kecamatan Pare dan sekitarnya. Mereka ini termasuk para petani hidroponik dan petani binaan Dinas Pertanian Kota Kediri. (VW/Red1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi-Bahayanya-Cedera-Regangan-Berulang_Creator-Kindel-Media_Sumber-Pexels-scaled.jpeg

Bahayanya Cedera Regangan Berulang

(UKWMS – 28/02/2024) Setiap tahun, tanggal 28 Februari adalah peringatan Hari Kesadaran Cedera Regangan Berulang Internasional. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan

Ilustrasi-Artikel-Peringatan-Pertempuran-Selat-Sunda_Creator-Australian-Embassy-Jakarta_Sumber-Flickr.jpg

Peringatan Pertempuran Selat Sunda

(UKWMS – 26/02/2024) Pertempuran Selat Sunda adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 27 Februari 1942. Pada saat itu, pasukan Jepang menyerang

Hari-Peduli-Sampah-Nasional-_Sumber-rawpixeldotcom.webp

Hari Peduli Sampah Nasional

(UKWMS – 21/02/2024) Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan