Perbaikan Gizi Nasional Indonesia

Ilustrasi-foto-perbaikan-gizi-nasional_foto-oleh-rawpixel.com-diambil-dari-medium.jpg

(UKWMS – 25/1/2024) Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari di Indonesia. Tujuannya untuk perbaikan gizi nasional Indonesia. Caranya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang seimbang dan berkualitas. Tema Hari Gizi Nasional tahun ini adalah “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”. Menukil dari detik.com, tema ini diikuti slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”. Ini sejalan dengan permasalahan yang masih menjadi masalah serius di Indonesia, yaitu stunting.

Hari Gizi Nasional pertama kali diperingati pada tahun 1959. Peringatan ini merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia dalam meningkatkan status gizi masyarakat. Dengan memperingati Hari Gizi Nasional, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya gizi yang seimbang dalam menjaga kesehatan.

Peringatan Hari Gizi Nasional menjadi momentum penting untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya asupan gizi yang seimbang. Gizi yang baik sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu pula terhadap kesehatan ibu hamil, serta produktivitas masyarakat secara keseluruhan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, masalah gizi masih menjadi perhatian serius. Banyak anak-anak yang mengalami kurang gizi, sementara di sisi lain, terdapat juga masalah obesitas akibat pola makan yang tidak sehat.

Komitmen UKWMS Turut Serta dalam Perbaikan Gizi Nasional Indonesia

Untuk memastikan asupan gizi yang cukup, masyarakat perlu mengonsumsi beragam jenis makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, sumber protein, dan biji-bijian. Selain itu, pola makan yang seimbang juga perlu didukung dengan gaya hidup aktif dan olahraga teratur. Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, berbagai kegiatan penyuluhan dan kampanye gizi seringkali diselenggarakan di berbagai daerah. Melalui kegiatan-kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik dapat terus meningkat.

UKWMS yang termasuk dalam jajaran kampus unggul di Jawa Timur, dari dulu peduli dengan ini. Kita memiliki Fakultas Teknologi Pertanian dengan Jurusan Teknologi Pangan juga  Pusat Penelitian Pangan dan Gizi (PPPG). PPPG melakukan penelitian di bidang pangan dan gizi yang mengeksplorasi sumber daya lokal Jawa Timur. Selain itu PPPG juga memberikan layanan jasa analisa pangan (aspek kimia, fisik, dan mikrobiologis). Termasuk pula konsultasi, penyediaan kultur mikroba dan juga pelatihan kepada masyarakat ataupun pelaku industri makanan. 

Dengan pemahaman yang baik tentang gizi, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih sehat, cerdas, dan produktif. Oleh karena itu, peringatan Hari Gizi Nasional merupakan momen penting untuk merayakan dan mempromosikan gaya hidup sehat melalui pola makan yang berkualitas. (VW)

Sumber:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Hari Gizi Nasional 2023.” Kementerian Kesehatan, www.kemkes.go.id/harigizi2023. Diakses 24 Januari 2024.
  2. “Sejarah Hari Gizi Nasional.” Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, www.kemenpppa.go.id. Diakses 24 Januari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi-Bahayanya-Cedera-Regangan-Berulang_Creator-Kindel-Media_Sumber-Pexels-scaled.jpeg

Bahayanya Cedera Regangan Berulang

(UKWMS – 28/02/2024) Setiap tahun, tanggal 28 Februari adalah peringatan Hari Kesadaran Cedera Regangan Berulang Internasional. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan

Ilustrasi-Artikel-Peringatan-Pertempuran-Selat-Sunda_Creator-Australian-Embassy-Jakarta_Sumber-Flickr.jpg

Peringatan Pertempuran Selat Sunda

(UKWMS – 26/02/2024) Pertempuran Selat Sunda adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 27 Februari 1942. Pada saat itu, pasukan Jepang menyerang

Hari-Peduli-Sampah-Nasional-_Sumber-rawpixeldotcom.webp

Hari Peduli Sampah Nasional

(UKWMS – 21/02/2024) Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan