Magister Akuntansi

Informasi keuangan, yang dihasilkan oleh proses akuntansi, merupakan bahasa universal dalam kegiatan bisnis. Bahasa universal bisnis tersebut bukan merupakan sumber utama bagi pengambilan keputusan. Informasi non keuangan menjadi kebutuhan pelaku bisnis untuk dapat memahami kondisi persaingan di era globalisasi dan pasar bebas. Pemahaman informasi non keuangan dan keuangan secara komprehensif mendukung para pelaku usaha sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat. Keputusan bisnis akan berdampak pada konsekuensi pajak. Pajak adalah kos yang harus dikelola oleh para pelaku usaha. Pengelolaan pajak dapat menjadi salah satu keunggulan bersaing perusahaan. Keunggulan bersaing dibutuhkan oleh perusahaan untuk memperoleh imbal jasa (return) atas investasi usahanya. Proses mencapai keunggulan bersaing ini melalui penelitian dan pengembangan yang membentuk pembelajaran bagi individu-individu dalam perusahaan.

Pembelajaran dapat diperoleh melalui pengalaman dalam praktik bisnis, dan dapat dipertajam melalui program pendidikan formal. Magister Akuntansi (MAKSI) UKWMS menyediakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam (1) praktik pelaporan keuangan, (2) atestasi kegiatan bisnis dan pelaporan keuangan, dan (3) menggunakan informasi keuangan dan non keuangan secara komprehensif dengan mempertimbangkan pajak sebagai kos sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis. Pencapaian tujuan ini membekali peserta didik untuk menjadi inventor bisnis dalam bidang usahanya masing-masing, sehingga dapat mendukung keunggulan bersaingnya.

Visi
Menjadi Program Studi Magister Akuntansi terkemuka di Indonesia pada tahun 2030 dalam menghasilkan profesional yang mampu berpikir kritis dan etis dalam mengembangkan ilmu akuntansi terapan serta memecahkan persoalan bisnis dan masyarakat.

Misi

  1. Melaksanakan tata kelola pendidikan Magister Akuntansi yang terencana dan bermutu dengan memanfaatkan teknologi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Magister Akuntansi yang menekankan pada kemampuan berpikir kritis dan analitis serta berperilaku adaptif dan etis sesuai dengan dinamika lingkungan global.
  3. Mengembangkan ilmu akuntansi terapan melalui karya ilmiah yang inovatif dan teruji menggunakan IPTEKS terkini yang berkontribusi dalam memecahkan permasalahan bisnis di tingkat nasional dan internasional.
  4. Berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan di bidang akuntansi.
  5. Membangun sinergi berkelanjutan dengan para pemangku lingkungan bisnis dan sosial

Per tanggal 26 Oktober 2021, Program Studi MAKSI UKWMS memperoleh Akreditasi BAIK SEKALI sesuai dengan Keputusan BAN-PT No. 11901/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/X/2021., tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Akuntansi pada Program Magister UKWMS.

Daftar Dosen

No Nama Bidang Minat Email
1 Prof. Teman Koesmono, MM Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi teman@ukwms.ac.id
2 Prof. Tatang Ary Gumanti, M.Buss. Acc., Ph.D Akuntansi Keuangan
3 Dr. Dyna Rachmawati, M.Si., Ak.,CA Akuntansi Manajemen Stratejik dyna@ukwms.ac.id
4 Lena Ellitan, Ph.D Metodologi Penelitian lena@ukwms.ac.id
5 Dr. Fenika Wulani, MM Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi fenika@ukwms.ac.id
6 Dr. Margaretha Ardhanari, MM Metodologi Penelitian margaretha@ukwms.ac.id
7 Dr. Hartono Rahardjo, Ak. CA Akuntansi Keuangan dan Perpajakan hartono-r@ukwms.ac.id
8 Dr. Mudjilah Rahayu, MM Akuntansi Keuangan rahayu@ukwms.ac.id
9 Dr. Teodora Winda Mulia, M.Si., CA. Pengauditan winda@ukwms.ac.id
10 Dr. Dian Purnama Sari., M.SA Perpajakan dian-ps@ukwms.ac.id
11 Dr. Hendra Wijaya, MM., CPMA Sistem Informasi Akuntansi hendrawijaya@ukwms.ac.id
12 Dr. Agnes Utari Widyaningdyah, M.Si., Ak., CA. Sistem Informasi Akuntansi dan Akuntansi Manajemen agnes-u@ukwms.ac.id
13 Dr. JC. Shanti, M.Si., Ak., CA Akuntansi Keuangan shanti@ukwms.ac.id
14 Dr. Teng Jesica Handoko, M.Si., Ak. CA Akuntansi Manajemen jesica@ukwms.ac.id
15 Dr. C. Bintang Hari Yudhanti, M.Si. Akuntansi Keuangan bintang@ukwms.ac.id
16 Dr. Sihar Tigor Tambunan, MM Sistem Informasi Akuntansi dan Akuntansi Manajemen tigor_tambunan@ukwms.ac.id
17 Dr. Sri Yunan Budiarsi, MM Akuntansi Manajemen Stratejik yunan@ukwms.ac.id

Profil Profesional Mandiri (PPM)

PPM 1 Menganalisis dan adaptif terhadap permasalahan di bidang akuntansi yang terkait dengan aspek keuangan, manajemen stratejik, dan perpajakan pada organisasi yang bertransformasi menuju digitalisasi bisnis berlandaskan pada nilai-nilai PeKA.
PPM 2 Menjadi wirausaha dalam memberikan jasa konsultatif akuntansi, manajemen, keuangan, dan perpajakan pada organisasi yang bertransformasi menuju digitalisasi bisnis berlandaskan pada nilai-nilai PeKA.
PPM 3 Mengembangkan solusi atau pemecahan permasalahan di bidang auditing yang dihadapi oleh perusahaan klien dengan menggunakan metode ilmiah tertentu untuk menganalisis permasalahan tersebut berlandaskan pada nilai-nilai PeKA.
PPM 4 Mengembangkan metode belajar mengajar dalam bidang akuntansi yang responsif dan fleksibel terhadap perubahan praktik bisnis menuju digitalisasi dengan berlandaskan pada nilai- nilai PeKA.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 

CPL 1 Mampu menunjukkan sikap etis dan profesional dalam menjalankan tugas akademis.
CPL 2 Mampu meningkatkan kemampuan belajar mandiri melalui penggunaan berbagai media termasuk teknologi informasi untuk mengembangkan ide kritis, kreatif, dan inovatif.
CPL 3 Mampu mengembangkan teori, konsep, serta praktik akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, termasuk perpajakan, sistem informasi akuntansi, dan pengauditan dalam transformasi menuju digitalisasi bisnis.

1. Program Magister Akuntansi menerapkan sistem perkuliahan berdasarkan Sistem Kredit Semester. Sistem ini mensyaratkan pertemuan selama 16 kali dalam satu semester, yang meliputi: 14 kali tatap muka, 1 kali Ujian Tengah Semester (UTS), dan 1 kali Ujian Akhir Semester (UAS).

2. Sistem Kredit Semester di Program Pascasarjana memberlakukan 1 SKS ekuivalen dengan 60 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur, dan 60 menit belajar mandiri.

3. Mahasiswa dapat menyelesaikan studinya selama 16 bulan (4 semester).

4. Perkuliahan diselenggarakan secara bilingual (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).

5. Untuk menyiapkan mahasiswa masuk dalam perkuliahan regular, Program Magister Akuntansi menyediakan kelas matrikulasi: Akuntansi Keuangan dan Manajemen.

Program Studi MAKSI UKWMS memiliki tiga bidang peminatan, diantaranya:

  • Financial Accounting
  • Management Accounting
  • Taxation

1. Rancangan kurikulum yang mempertimbangkan aspek perpajakan. Aspek perpajakan menjadi pokok bahasan dalam setiap mata kuliah baik di bidang minat Pelaporan Keuangan dan Business Assurance, serta Strategic Management Accounting.

2. Kerja sama dengan berbagai asosiasi profesi antara lain: Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur, Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) dalam proses belajar mengajar (dalam konfirmasi).

3. Program-program pengayaan yang dapat melengkapi dan meningkatkan kompetensi dan soft skill mahasiswa, seperti: capacity building, table manner, diskusi pakar bisnis, dan company brainstorming.

Prospek profesi lulusan MAKSI UKWMS adalah:

  1. Akuntan publik
  2. Akuntan manajemen
  3. Manajer akuntansi (keuangan dan manajemen)
  4. Konsultan akuntansi (keuangan dan manajemen)
  5. Manajer audit
  6. Akuntan pendidik
  7. Akademisi

Fasilitas lain di Program Studi Magister Akuntansi tersedia di dua kampus:

1. Kampus Dinoyo 42

  • Perpustakaan
  • Pusat Riset Bisnis
  • Tax Centre
  • Klinik Investasi
  • Klinik Kesehatan
  • Pusat Layanan Psikologi

2. Kampus Dinoyo 48 (Grha Widya Mandala)

  • Perpustakaan
  • Ruang Belajar
  • Graduate Lounge
  • Ruang Ormawa

Fasilitas wi-fi tersedia di masing-masing kampus, baik Dinoyo 42 maupun Dinoyo 48 (Grha Widya Mandala)

Program Studi Magister Akuntansi
Fakultas Bisnis
Gedung Benedictus lantai 2

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Dinoyo 42-44, Surabaya-60265
P: +62 31 568 2681 

UKWMS Bekerja Keras Mempersiapkan Setiap Siswa Untuk Kehidupan Profesional Mereka