Siapkan Masa Depanmu!

(UKWMS-16/4/2016) Lembaga Pengembangan dan Kerjasama (LPKS) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyelenggarakan kegiatan seminar dan rekrutmen kampus untuk mendukung talenta-talenta muda dalam mencari pekerjaan sesuai bakat dan minatnya. Kompas Gramedia sangat mendukung kegiatan tersebut dengan mengadakan kegiatan seminar dan rekrutmen dengan tema “Talent Your Future Leader, Prepare Your Career with Kompas Gramedia”.

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan baru dalam pencarian perusahaan agar sesuai bakat maupun impiannya. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang dari mahasiswa dan alumni UKWMS serta diikuti oleh UNAIR, HEC, Connect Group, EDSA.  Seminar dan kampus rekrutmen ini dilaksanakan di Gedung Auditorium lantai 4 UKWMS jalan Dinoyo no 42-44 Surabaya pada tanggal 31 Maret 2016.

Kegiatan ini dikemas dengan sangat menarik dan terdiri dari 3 sesi yaitu 2 sesi seminar pada pukul 08.00-14.00 dan sesi rekrutmen pada pukul 14.00-17.00. Kegiatan seminar sesi pertama dengan narasumber Ayu Kartika sebagai HRD Manager Harian Kompas membahas tentang tips-tips wawancara yang benar dan tepat dimulai dari datang tepat waktu, mematikan handphone saat wawancara, memperhatikan penampilan, serta harus mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja.

Ayu Kartika menyampaikan materi
Ayu Kartika menyampaikan materi

Menurut Ayu, kebiasaan buruk dari lulusan fresh graduate kurang memperhatikan penampilan dan kurang memiliki pengetahuan dalam menghadapi psikotes maupun wawancara. Peserta terlihat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada Ayu selaku narasumber seminar.

Kegiatan seminar sesi kedua menghadirkan narasumber Viola Oyong sebagai Recruitment & Employer Branding Specialist Kompas Gramedia dengan topik yang berbeda dengan sesi pertama. Seminar sesi kedua ini banyak menekankan mengenai diri sendiri, diharapkan peserta dapat memilih perusahaan sesuai dengan passion yang dimilikinya bukan karena terpaksa. Ada 4 hal yang disampaikan dalam seminar ini, pertama adalah menebak profesi. Di dalam sesi itu dibahas berbagai profesi mulai dari jurnalis, photografer, sampai HRD.

Kedua adalah tentang menghidupi passion yang dimiliki, “misal kamu ingin berprofesi menjadi marketing jadilah marketing terbaik di Indonesia. Jangan karena terpaksa malah memilih menjadi akuntan,” ujarnya. Ketiga adalah mengenai bagaimana mendapatkan karier yang kita inginkan, masih berhubungan dengan hal ke-2 yakni “live your passion“. Viola berujar, “carilah pekerjaan yang kau inginkan sesuai bakat dan minatmu. Jika tidak sesuai alternatifnya adalah meloncat dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan terakhir adalah proses rencana karir dengan assessment atau pengukuran mengenai apa yang ada di dalam dirimu. Mulai dari prioritas, skill, lifestyle, value, sampai mengidentifikasi kelebihan dan kekuranganmu. Lalu lakukan riset ke perusahaan- perusahaan apakah cocok dengan apa yang ada dalam dirimu”.

Di akhir seminar diadakan Test Holland yang terdiri dari tiga bagian untuk mengetahui bakat atau minat peserta. Salah satu peserta dari kegiatan ini bernama Anthony, mahasiwa Fakultas Ilmu Komunikasi Unair mengaku merasa bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi dirinya. “Seminarnya bagus, banyak pengetahuan baru yang saya dapat tentang dunia kerja. Semoga seminar ini bisa jadi bekal saya untuk melakukan tes kerja,” ujar Anthony. Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah agar semua peserta yang mengikuti acara ini dapat memilih pekerjaan tepat sesuai bakat maupun passion mereka dan dapat membantu peserta dalam proses rekrutmen. (Richard Andrew/ Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan Mental untuk Semua Orang

(UKWMS – 8/6/2024) – Kesehatan Mental atau mental health saat ini masih menjadi fokus kita bersama. Tidak sedikit pula yang masih bingung dengan deskripsi dan

Ilustrasi-artikel-Artikel-Hari-Pasar-Modal-Indonesia_oleh-Mohamed-Hassan-Pxhere

Hari Pasar Modal Indonesia

(UKWMS – 03/06/2024) Hari Pasar Modal Indonesia diperingati setiap tanggal 3 Juni. Pasar modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Selain

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan