UKWMS Implementasikan Bantuan Pendanaan MBKM

UKWMS Implementasikan Bantuan Pendanaan MBKM

(UKWMS – 27/12/2021) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS) menggelar Seminar Hasil Penelitiandan Pengabdian Masyarakat pada Senin-Selasa (20-21/12) lalu di Hotel Swiss-Belinn Juanda Airport Sidoarjo. “Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UKWMS sebagai salah satu penerima Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021 dan masuk dalam klaster I PTS,” ucap Dr. Diyah Tulipa selaku Ketua Pelaksana.

Dalam rangka mengakselerasi proses hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian kepadamasyarakat, maka diperlukan upaya yang lebih komprehensif agar jumlah dan kualitas penelitian maupun kajian yang telah dilakukan oleh dosen, khususnya dosen perguruan tinggi swasta dapat memberikan dampak dan manfaat yang nyata bagi masyarakat luas, Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengembangkan skema Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.
Implementasi program MBKM ini tercermin dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh seluruh sivitas akademika dalam tiga kegiatan pokok yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Hasil karya penelitian di dalam perguruan tinggi selayaknya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan iptek dan dapat diimplementasikan untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tutur Ir. Aning Ayucitra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor I UKWMS.
UKWMS mengimplementasikan bantuan pendanaan MBKM ini dalam bentuk satu karya penelitian dan tiga karya pengabdian kepada masyarakat, dengan rincian di bawah ini:
1. Penelitian
Dampak Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Dr. Hendra Wijaya, MM., CPMA, Dr.rer.nat. Ign. Radix Astadi P. J, S.TP., MP, Kristina Pae, S.Kep., Ns., M.Kep.).

2. Pengabdian kepada Masyarakat
a. Peningkatan Hasil Produksi Kerupuk Bawang dengan Mesin Pengering Otomatis dan Alat Pemotong, pada UMKM “Kerupuk Susmi” di Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Ir. Andrew Joewono, ST., MT.,IPM., ASEAN Eng., Dr. Dyna Rachmawati, SE., M.Si., Ak., dan Dra. Ir. Adriana Anteng Anggorowati, MS.)
b. Pendampingan Penguatan Produk, Strategi Branding, dan Digital Marketing untukMeningkatkan Penjualan Produk Khas Olahan Hasil Laut UMKM di Sukolilo Baru-Kenjeran Surabaya (Dr. Margaretha Ardhanari, SE., M.Si., Gratianus Edwi Nugrohadi, SS., MA., dan Monica Adjeng Erwita, S.Sos., MM.)
c. Pemberdayaan Generasi Penerus dalam Upaya Pengembangan dan Eksistensi Usaha Sambal Pecel di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur (Ir. Vinsensius Widdy Tri Prasetyo, ST., MM, Wahyu Prabawati Putri Handayani, ST., MM., dan Robik Anwar Dani, M.Psi., Psikolog)

Seminar hari pertama diawali dengan sharing mengenai beragam program pendanaanyang mendukung implementasi MBKM di Perguruan Tinggi oleh Drs. Endang Taryono, Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti. Lalu pada hari kedua, dilanjutkan sharing oleh Dr. Ir. Setyo Pertiwi, M.Agr, IPU., reviewer Hibah Kompetitif Pengembangan Pendidikan Tinggi. Selain seminar, dilaksanakan pula presentasi hasil abdimas dan penelitian oleh para dosen, yang dihadiri oleh dosen UKWMS secara luring maupun daring melalui media zoom meeting. (Red)