Pelayanan Maksimal Antara Paroki dan Umat

Pelayanan Maksimal Antara Paroki dan Umat

(UKWMS – 9/12/2021) – Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) sebagai bagian dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang memiliki nilai keutamaan PEKA (PEduli Komit Antusias) berusaha secara nyata peduli dengan lingkungan sekitar, salah satunya adalah Gereja.

Paroki Gembala Yang Baik (GYB) Surabaya saat ini berusaha memaksimalkan pelayanan yang dapat dilakukan di masa pandemi ini. Mulai dari live streaming sakramen ekaristi, hingga dibuatnya akun media sosial berupa Facebook (FB) dan Instagram (IG) untuk membangun komunikasi yang baik antara Paroki dan umat.

Namun seiring berjalannya waktu, bentuk pelayanan yang harusnya dapat dimaksimalkan pada dua bagian yaitu pelayanan Sakramen ataupun pelayanan Non Sakramental-Sakramentalia, ternyata pada realisasinya belum dapat dilakukan.

Kendala yang ditemui oleh Paroki GYB ada pada pengelolaan konten media online itu sendiri. Dimana setelah website ataupun media sosial FB dan IG dibuat ternyata kontennya yang masih sangat terbatas hanya seputar Sakramen Ekaristi.

Bidang Komunikasi Sosial (KOMSOS) bersama Tim Broadcasting sebagai pengelola dari Paroki GYB memiliki keterbatasan pengetahuan, sehingga belum dapat memaksimalkan media online yang ada.

“FIKOM yang memiliki keilmuan dalam pengelolaan media, salah satunya adalah media online dirasa dapat membantu untuk memberikan pelatihan ataupun pendampingan pada pihak Paroki GYB dalam mengelola konten media sosial yang selama ini belum maksimal,” ungkap Maria Yuliastuti, S. Sos., M.Med.Kom., Ketua pelaksana Abdimas. Tim pengabdian terdiri dari Dosen FIKOM, diantaranya Maria Yuliastuti, S. Sos., M.Med.Kom sebagai Ketua Pelaksana, bersama Yuli Nugraheni, S.Sos., M.Si. dan Akhsaniyah, S.Sos., M.Med.Kom.

Ignatius Iubilio, pemateri Content Creator saat menyampaikan pelatihan

Ignatius Iubilio, pemateri Content Creator saat menyampaikan pelatihan

Pelatihanpun akhirnya dilakukan secara daring pada bulan Agustus 2021 lalu. Pengabdian ini secara teknis menyampaikan materi pelatihan secara bertahap. Tahap pertama adalah pemberian materi mengenai pembuatan konten dibawakan oleh Ignatius Iubilio, salah satu mahasiswa FIKOM yang berpengalaman mengelola akun media sosial baik milik organisasi kemahasiswaan ataupun fakultas. Tahap kedua, materi fotografi dan videografi bersama Christopher Chandra, S.Des., M.Des. Tahap ketiga, mengenai teknis editing video atau audio visual disampaikan oleh Verell Nathanael Suseno yang telah menghasilkan banyak karya videografi.

Hadir pula RP Lucius Tumanggor, SVD sebagai Pastor Rekan yang turut mendukung pelatihan ini. Sebelum acara dimulai, Kho Bambang Purnomo selaku perwakilan dari BGKP (Badan Gereja Katolik Paroki) membuka dengan semangat bahwa, “Acara seperti inilah yang dibutuhkan oleh Paroki, sehingga banyak umat GYB tergerak untuk memberikan dukungan demi kemajuan Paroki, khususnya GYB,” jelasnya.

Antusiasme peserta tak bisa dipungkiri ketika muncul banyak pertanyaan, baik dari OMK (Orang Muda Katolik), REKAT (Remaja Katolik), dan Team Broadcasting sehingga muncul diskusi yang cukup panjang terkait materi. Hal tersebut menambah semangat pula bagi kami tim pengabdian, bahkan hingga mendekati waktu berakhirnya tanya jawab, masih ada yang berebut bertanya.

Memungkasi pelatihan ini, Romo Lucius berpesan, “Pelatihan ini sangat menarik, Paroki berharap pelatihan ini akan ada lagi untuk menambah ilmu semua umat Paroki GYB khususnya,”. Tidak lupa, di akhir acara, semua yang hadir mendapatkan berkat dari Romo Lucius.

Semoga pengabdian ini dapat berbuah lebih banyak lagi tidak hanya untuk FIKOM, namun juga sesama. (Maria Yuliastuti/Red)