Ungkap Faktor Penting Penyebab Customer Loyalty

(UKWMS-3/2/2017) Citra perusahaan terdiri dari dua komponen utama; pertama adalah fungsional seperti karakteristik nyata yang dapat diukur dan dievaluasi dengan mudah. Kedua adalah emosional seperti perasaan memiliki, sikap dan keyakinan seseorang terhadap organisasi. A.J. Jan Wellyan, S.E. M.Si, membuktikan sendiri bahwa citra perusahaan atau corporate image  berpengaruh besar terhadap kesetiaan konsumen serta kepercayaan konsumen PT. Garuda Indonesia. Temuan ini dikukuhkannya pada Ujian Terbuka Doktor Ilmu Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Sabtu 21 Januari 2016.

Jan yang juga merupakan dosen tetap di Fakultas Bisnis UKWMS ini memilih perusahaan penerbangan sebagai obyek penelitiannya karena menurutnya perusahaan ini memiliki resiko yang sangat besar. Berbagai pemberitaan kurang sedap kerap menghiasi nama perusahaan penerbangan. Namun, ia percaya bahwa perusahaan yang ia pilih yakni PT. Garuda Indonesia memiliki corporate image yang terpercaya, karena Garuda Airlines telah bergabung dengan jajaran maskapai penerbangan luar negeri terbaik tingkat dunia sehingga pelayanannya dijamin yang terbaik. “Memang, saya tidak meneliti kepada penumpang yang merupakan member Garuda Airlines, saya memilih responden berdasarkan orang yang telah naik Garuda selama tiga kali. Dengan begitu saya bisa melihat apakah dia akan kembali memilih Garuda sebagai pilihannya, saat ia melihat fasilitas yang diberikan Garuda,” jelas Jan.

Ia juga mencontohkan pengaruh dari corporate image terhadap kesetiaan konsumen dari UKWMS. “Setelah mendapat predikat Akreditasi A, tentu saja citra UKWMS baik di masyarakat maupun calon mahasiswa menjadi meningkat, sehingga kesetiaan mahasiswa, dan segenap sivitas akan meningkat, orang yang akan mendaftarkan anaknya pun juga akan merasa bangga,” ujar Jan. Sebanyak sembilan pertanyaan dilontarkan oleh para penguji. Jan akhirnya dinyatakan lulus dengan predikat nilai sangat memuaskan, dan menjadi doktor yang ke-19 di Program Doktor Ilmu Manajemen UKWMS. Melengkapi hari kebahagiaannya, dirayakan pula oleh beberapa panitia yaitu Ulang Tahun Jan yang ke-45. Ia mengaku sangat senang, terutama dengan kedatangan Ibu, dan keluarga terdekatnya. (hra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rektor dan Para Wakil Rektor (memakai gordon) berfoto bersama Dewan Pengurus YWMS dan Keuskupan Surabaya, usai pelantikan (dok. PKP UKWMS)

Empat Srikandi Pimpin UKWMS Masa Bakti 2024-2028

(UKWMS – 3/12/2024) – Tonggak kepemimpinan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) resmi berganti. Pelantikan Rektor dan Para Wakil Rektor UKWMS masa bakti 2024-2028, dilaksanakan

Masa Adven UKWMS - part 1

Memahami Makna dan Tradisi dalam Masa Adven

(UKWMS – 2/12/2024) – Masa Adven atau masa penantian, dimulai empat minggu sebelum Natal. Karena itu kata “Adven” yang berasal dari bahasa Latin “adventus” memiliki

Penyerahan anggota alumni baru UKWMS oleh Rektor (Kiri) kepada Ketua Ikatan Alumni Marselinus Jeramun S.E

Wisuda UKWMS: Langkah Awal Menuju Masa Depan

(UKWMS – 28/9/2024) – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) sukses menggelar upacara wisuda semester genap tahun akademik 2023/2024. Upacara digelar pada Sabtu (28/9), di