Great Leaders, Great Followers dalam LKMM-TD Fikom 2022

Great Leaders, Great Followers dalam LKMM-TD Fikom 2022

Para peserta LKMM-TD 2022 antusias mengikuti sesi rally games (Gerry Putera)

Para peserta LKMM-TD 2022 antusias mengikuti sesi rally games (Gerry Putera)

(UKWMS – 3/8/2022) – Tepat pada Rabu (27/07) lalu, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS) mengadakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD). Digelar secara luring, kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore meliputi kegiatan sesi materi dan rally games. “Total peserta sejumlah 117 mahasiswa angkatan 2021, yang terdiri dari mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi dan program studi Bahasa Inggris kampus Madiun. Tema yang diusung ETERNALS: Improving The Leadership for A New Fundamentals,” ungkap Akhsaniyah, S.Sos., M.Med.Kom selaku dosen pendamping LKMM -TD 2022.

Pada sesi satu, materi disampaikan oleh Andhika Alexander Repi., M.Psi., Psikolog., C.ME selaku dosen dan praktisi Psikologi di UKWMS. Andhika menyampaikan materi dengan tema Leadership Shifting: From Self Management to People Management. “Tujuan sesi ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Fikom UKWMS agar dapat menjadi pemimpin yang baik dan dapat mengenali diri sendiri. Jadi para mahasiswa diajak untuk mengenali diri sendiri dan orang lain melalui sudut pandang psikologi. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat mengenali setiap diri anggotanya dan mengerti bagaimana cara menghadapinya,” jelas Andhika.

Ferry Setiawan ownes KAG Indonesia menyampaikan materi bagi peserta LKMM-TD 2022 (Gerry Putera)

Ferry Setiawan ownes KAG Indonesia menyampaikan materi bagi peserta LKMM-TD 2022 (Gerry Putera)

Masuk pada sesi kedua, disampaikan oleh Ferry Setiawan HC selaku founder dan owner dari KAG Indonesia. Ferry menyampaikan motivasi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. “Seorang pemimpin yang baik itu fokus pada solusi dari setiap masalah yang dihadapi, memiliki sikap pantang menyerah, dan bagaimana cara pandangnya melihat peluang, sebagai celah atau masalah,” terangnya. Ferry pun mengajak mahasiswa untuk merefleksikan kembali, “Bila seorang pemimpin menyerah, lalu bagaimana dengan anggotanya?,” pungkas Ferry.

Kegiatan LKMM-TD 2022 menjadi sebuah sarana bagi mahasiswa untuk dapat mengasah kemampuan kepemimpinannya. Selain pemberian materi dan motivasi oleh narasumber, diberikan pula sesi ketiga yakni rally games. Pada sesi ini, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan secara bergantian bermain games di setiap posnya. Games yang disiapkan panitia mengandung nilai – nilai kepemimpinan, seperti kesabaran, kepercayaan, kerja sama dan kekompakkan. 

Menurut Andrea salah satu peserta LKMM, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kedisiplinan. “Di sini saya diajarkan untuk disiplin dari setiap hal kecil, sehingga saya sadar untuk menjadi seorang pemimpin dimulai dari kedisiplinan diri sendiri,” jelas Andrea. (Kristina Anindita – Mahasiswa Fikom UKWMS/Red)