Pra PPK Fikom Week 2: Jadi Podcaster bersama Marina Berlian

Pra PPK Fikom Week 2: Jadi Podcaster bersama Marina Berlian

Marina Berlian (kiri) pembicara dalam Pra PPK Fikom Week 2_Kristina Anindita

Marina Berlian (kiri) pembicara dalam Pra PPK Fikom Week 2_Kristina Anindita

(UKWMS – 2/8/2022) – Melanjutkan kegiatan Pra PPK week 1 yang sudah dilaksanakan, pada Kamis (28/07) lalu, Pra PPK Fikom UKWMS memasuki week 2 hadir kembali membahas topik podcast. Dunia podcast sendiri kini sedang digandrungi oleh banyak kalangan, ada yang hanya sekedar mendengar dan ada pula yang terjun untuk membuat podcast. Materi yang dibawakan juga berangkat dari isu dan keresahan yang dirasakan.

Seorang podcaster harus memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik atau public speaking yang baik. Kemampuan ini dapat diasah dengan teknik dasar dan beberapa tips yang diajarkan. Pada kesempatan tersebut, Marina Berlian, seorang penyiar radio Prambors dan DJ FM Surabaya serta podcaster di Sidoarjo menyempatkan waktu sebagai pembicara. Materi yang disampaikan mengenai public speaking mulai dari teknik dasar, hingga hal-hal yang harus diperhatikan ketika menjadi seorang podcaster.

Sesi pemaparan materi berjalan dengan sangat interaktif, Marina Berlian atau Bian – sapaan akrabnya sukses membuat para maba merasa nyaman. Bian banyak memberikan contoh dan membuka kesempatan kepada para maba untuk praktik nyata. Mereka dapat mencoba untuk membaca skrip yang diberikan secara langsung dan mendapatkan masukan yang membangun. Selain itu Bian juga memberikan beberapa tips saat menjadi seorang podcaster. Antusias para maba sangat tinggi hal ini terlihat ketika banyaknya yang bertanya kepada Bian saat sesi tanya jawab.

Peserta mengikuti Pra PPK Fikom Week 2 secara daring

Peserta mengikuti Pra PPK Fikom Week 2 secara daring

Sebagai calon mahasiswa baru Fikom UKWMS, Anindita Aurora mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. “Senang sekali karena aku memang ingin jadi penyiar radio sejak SMP, makanya kesempatan ini aku pakai dengan baik untuk menimba ilmu dari praktisi radio langsung,” ungkapnya. Selain itu ia juga semakin terpacu untuk membuat konten podcast dan mengikuti lomba-lomba public speaking.

Tujuan diadakannya kegiatan Pra PPK Week 2 ini adalah untuk mengenalkan kepada para maba salah satu produk dari komunikasi, yaitu podcast. “Podcast inikan juga salah satu produk komunikasi yang selaras dengan mata kuliah yang nanti mereka pelajari, jadi sejak awal mereka juga harus dikenalkan dengan yang seperti ini (podcast),” terang Thirza Larasati, selaku ketua pelaksana PPK Fikom UKWMS 2022. Ia juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini, semakin membuat maba terbuka dengan dunia komunikasi. (Kristina Anindita – Mahasiswa Fikom UKWMS/Red)