Kunjungan Siswa SMA St. Maria Surabaya: Keseruan Sehari Menjadi Podcaster

Kunjungan Siswa SMA St. Maria Surabaya: Keseruan Sehari Menjadi Podcaster

(UKWMS – 14/11/2022) – Pengalaman dan ilmu baru tentunya bisa didapatkan dari mana saja. Mencari ilmu juga tidak bisa dilewatkan kesempatannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa SMA St. Maria Surabaya pada Senin (31/10) lalu, berkunjung ke beberapa kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Salah satunya ke Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UKWMS, yang terletak di kampus Dinoyo.

Keseruan brainstorming untuk tema podcast (Tirza Larasati)

Keseruan brainstorming untuk tema podcast (Tirza Larasati)

Sebanyak tujuh orang siswa SMA St. Maria Surabaya berkunjung ke Laboratorium Fikom UKWMS, mulai Laboratorium Public Relations, Laboratorium Televisi, Laboratorium Foto, dan beberapa laboratorium lain yang kerap digunakan untuk aktivitas mahasiswa Fikom. Muhammad Harza Suhardi, S.Sos., Laboran Fikom menyambut dengan hangat. “Terima kasih atas kedatangan teman-teman ke Lab Fikom, pertemuan yang pertama ini merupakan serangkaian dari FlabAcademy yang akan dirutinkan satu bulan sekali.”

Tentunya selain pemaparan singkat oleh anggota Lab Fikom, para siswa diajak praktik membuat sebuah konten Podcast. Salah satu siswa, Theresia menyambut dengan antusias kegiatan pembuatan podcast di Lab Fikom. “Jujur senang sekali, excited, dapat pengalaman baru. Kita jadi tahu bagaimana proses pembuatannya dari merencanakan tema, membuat script, lalu langsung mencoba untuk membuat podcastnya, ngedit sendiri, bikin poster, pokoknya seru banget sih. Tempatnya juga nyaman, bikin kita betah,” jelasnya.  

Salah satu siswa SMA St. Maria Surabaya turut diajarkan mengedit video podcast (Tirza Larasati)

Salah satu siswa SMA St. Maria Surabaya turut diajarkan mengedit video podcast (Tirza Larasati)

Theresia yang canggung di awal, hingga akhirnya proses pembuatan podcast tersebut bisa selesai, mengaku lega sekaligus bahagia. “Memang awalnya deg-deg-an, agak gugup karena pertama kali bikin podcast, tetapi kita enjoy banget karena dapat pengalaman serta ilmu baru dari kakak-kakak Lab Fikom yang sangat menyenangkan dan seru,” tutur Theresia.

Harza berharap, para siswa St. Maria Surabaya bisa kembali lagi ke Lab Fikom. “Karena FlabAcademy ini kan tujuannya bisa lebih dekat dengan teman-teman SMA di Surabaya dan sekitarnya, jadi tidak hanya melalui event yang besar, tetapi dengan event yang kecil bisa mendapatkan proksimitas yang lebih dekat.” (Tirza Larasati – Mahasiswa Fikom UKWMS/Red)