Belajar dan Kerja Sama, Melihat Media sebagai Suatu yang Besar

Belajar dan Kerja Sama, Melihat Media sebagai Suatu yang Besar

(UKWMS – 16/11/2022) – Di zaman yang melek teknologi seperti sekarang ini, media menjadi kekuatan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal yang bisa kita dapat dan lakukan melalui media-media yang ada. Hal inilah yang disadari oleh para siswa dari SMA Kr. Dharma Mulya Surabaya. Pada Sabtu (5/11) lalu, giliran 18 siswa SMA Kr. Dharma Mulya berkunjung ke Laboratorium Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS), dalam program FlabAcademy. Mereka merupakan anggota ekstrakurikuler content creator yang ada di SMA Kr. Dharma Mulya.

Suasana Pemberian Materi oleh Tim Lab Fikom UKWMS kepada siswa SMA Kr. Dharma Mulya

Suasana Pemberian Materi oleh Tim Lab Fikom UKWMS kepada siswa SMA Kr. Dharma Mulya. 

Para siswa diajak mempelajari bagaimana cara membuat podcast, dengan memanfaatkan berita yang sedang hangat di masyarakat. Para anggota dari Laboratorium Fikom UKWMS, turut berperan dalam mengatur dan menjadi mentor bagi mereka. Sebelum beraksi secara langsung, para siswa dibagi ke dalam empat divisi, yang fokus mempelajari divisi mereka masing-masing. Divisi tersebut antara lain divisi kreatif, host/announcer, desain, dan video/editing.

“Pengalaman yang seru karena dapat banyak pelajaran tadi. Ada praktiknya juga, dikasih arahan-arahan kalau misalnya podcast itu nggak perlu banyak latihan, biar jangan terlalu terlihat di-setting juga, jadi harus natural. Penjelasannya juga mudah dimengerti. Pokoknya seru banget, deh,” ujar Lyvia, salah satu siswa.

Tim Lab Fikom pun merasa senang dengan kehadiran siswa dan siswi SMA Kr. Dharma Mulya ini. Sekaligus bangga karena semua siswa yang datang sudah mempunyai dasar, maupun kemampuan di bidang media dan teknologi, sehingga mereka menjadi tidak sulit untuk mengajar dan memberi arahan.

“Yang saya salut, mereka sudah pintar banget. Mereka seperti sudah tahu caranya tanpa di ajari. Waktu bertanya ke pendampingnya, ternyata mereka sudah ada ekstrakurikuler sendiri di sekolahnya. Bangga banget, keren deh mereka,” jelas Feby, salah satu anggota Laboratorium Fikom.

Kunjungan dari SMA Kr. Dharma Mulya ke Laboratorium Fikom UKWMS ini membawa kesan yang sangat baik. Kedua institusi ini menjalin hubungan seperti layaknya kakak dan adik yang sedang belajar bersama. Pada akhir kunjungan, masing-masing dari mereka meninggalkan sepenggal harapan dan motivasi. Tujuannya untuk terus mengembangkan kemampuan mereka di bidang konten kreator, dan menjadikan media sebagai sarana untuk mengembangkan diri, dan soft skill yang mereka punya.

“Kalau nanti diundang lagi sama Laboratorium Fikom, aku pengen banget buat datang lagi. Belajar bareng sama kakak-kakak lab yang super humble (ramah). Dan semoga Laboratorium Fikom bisa terus berkembang, dan tetap menjadi sarana belajar yang berguna bagi banyak orang,” pungkas Lyvia. (Maygel Bruch – Mahasiswa Fikom UKWMS/Red)