Pandemi Bukan Halangan untuk Ukir Prestasi

Pandemi Bukan Halangan untuk Ukir Prestasi

(UKWMS-21/9/2020) – Tanggal 20 September 1960 menjadi awal perjalanan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat. Kini di tahun 2020 UKWMS mencapai Dies Natalis ke-60 atau Lustrum ke XII. Dies Natalis kali ini mengusung tema “Bersama seluruh komponen bangsa, UKWMS dengan penuh antusias menciptakan keunggulan kompetitif melalui peningkatan kerja inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa”.

Memperingati Dies Natalis, UKWMS mengadakan Laporan Tahunan Rektor dan Orasi Ilmiah secara luring terbatas dan daring pada Senin (21/9) lalu. Laporan Tahunan Rektor berlangsung di Lobby Auditorium UKWMS Kampus Pakuwon City dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat. Para tamu yang hadir wajib menggunakan masker medis dan pelindung wajah, serta sarung tangan lateks yang diberikan oleh panitia untuk melindungi diri serta mencegah penyebaran virus COVID-19. Tamu yang hadir secara luring pun dibatasi sebanyak 40 orang dengan tempat duduk yang sudah diatur jaraknya sesuai peraturan. Beberapa tamu lainnya hadir secara daring melalui Zoom.

Dr. Fransisca Dessi Christanti, M.Si., ketika menyampaikan Orasi IlmiahPagi itu, acara diawali dengan Orasi Ilmiah oleh Dr. Fransisca Dessi Christanti, M.Si., dari Fakultas Psikologi UKWMS. Dessi menyampaikan orasi dengan judul “Upaya Preventif Mengurangi Moral Disengagement”. Moral Disengagement merupakan perilaku individu yang membenarkan sebuah perilaku agar tidak merasa bersalah ketika melanggar moral. Dari penelitian ini didapatkan hasil, bahwa untuk mencegah Moral Disengagement adalah dengan pemberian pelatihan atau psikoedukasi. “Beberapa pelatihan yang dapat diberikan seperti tentang kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab pribadi, empati dan asertif,” jelas Dessi. Usai orasi, ia menerima piagam penghargaan dari Rektor UKWMS, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D. Apt.

Acara dilanjutkan dengan Laporan Tahunan Rektor yang berisi tentang pencapaian dan perkembangan UKWMS Kuncoro Foe menyampaikan Laporan Tahunan Rektordalam setahun terakhir. “Meskipun terdapat pandemi, civitas akademika UKWMS tetap antusias mencetak pretasi,” ujar Kuncoro. Pada kesempatan kali ini juga diberikan penghargaan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan berprestasi.

Penghargaan pertama diberikan kepada empat dosen yang telah memperoleh pengakuan tingkat nasional dan internasional atas kontribusinya di bidang sains dan teknologi. Mereka berasal dari Fakultas Teknik (FT) UKWMS, yakni Prof. Felicia Edi Soetaredjo, S.T., M.Phil. Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Prof. Suryadi Ismadji, M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Maria Yuliana, ST., Ph.D., dan Shella Permatasari, ST., Ph.D.

Penghargaan kedua diberikan kepada mahasiswa berprestasi, Stefanny Angela, mahasiswa Fakultas Teknik UKWMS yang juga finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2020. Pemberian penghargaan ketiga yakni untuk dosen berpretasi tahun 2020. Penghargaan diberikan kepada Dr. Antonius Jan Wellyantony Putro, SE., M.Si. dari Fakultas Bisnis (FB) sebagai peringkat tiga, Mateus Yumarnamto, S.Pd., M.Hum., Ph.D., dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai peringkat dua, dan Shella Permatasari, ST., Ph.D., dari FT di peringkat pertama.

Penghargaan terakhir diberikan bagi tenaga kependidikan berprestasi yang senantiasa menunjang berbagai kegiatan di UKWMS. Peringkat keempat diraih oleh Rr. Yohana Prasetyorini, A.Md., dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), peringkat ketiga diraih oleh Julius Andi Kurniawan, A.Md., dari FKIP, lalu peringkat dua diberikan kepada Herijanto dari Fakultas Farmasi (FF), dan peringkat pertama diraih oleh Vincentius Widya Iswara, SS., M.A., dari Perpustakaan.

Sebelum menutup acara, UKWMS meluncuran buku “Dari UKWMS untuk Bangsa dan NKRI”. Buku tersebut berisi sejumlah prestasi mahasiswa dan kiprah alumni dari setiap fakultas di UKWMS. Buku ini secara simbolis diberikan oleh Rektor UKWMS kepada Tabitha Neema Christy Meliala dari Fakultas Psikologi sebagai perwakilan dari mahasiswa, dan Krisna Setiawan, S.Fil., dari Fakultas Filsafat sebagai perwakilan dari alumni. (red1/Red)