UKWMS Sambut 33 Mahasiswa Program PERMATA SAKTI

UKWMS Sambut 33 Mahasiswa Program PERMATA SAKTI

(UKWMS-21/9/2020) – Belum genap tiga jam memasuki usianya yang ke-60 tahun, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) langsung mendapat 33 mahasiswa baru sekaligus. Mereka adalah mahasiswa pertukaran pelajar dalam program PERMATA SAKTI yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). PERMATA SAKTI sendiri adalah program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi 2020 untuk Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

“Pada periode-periode sebelumnya, program ini hanya bernama PERMATA, dimana mahasiswa peserta program Pak Nugi - rszdatang langsung ke kampus tujuan untuk menempuh studi selama satu semester atau enam bulan lamanya. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai maka kedatangan mereka berganti menjadi tatap maya,” ujar Yohanes Nugroho Widiyanto, Ph.D., selaku Ketua Pusat Pembelajaran Pendidikan dan Pengembangan (P4) sekaligus koordinator PERMATA SAKTI kampus UKWMS. Maka kali ini seluruh perkuliahan dilaksanakan secara daring dari tempat masing-masing.

Tepat pada Senin (21/9), secara resmi sebanyak 24 mahasiswa UKWMS dilepas untuk menjalankan studi di beberapa kampus mitra. Dan sebanyak 33 mahasiswa dari beberapa kampus mitra di Indonesia disambut di UKWMS. Acara lepas sambut pun dilakukan oleh Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., Rektor UKWMS secara daring, dengan dihadiri para mahasiswa pserta program, dan pimpinan universitas mitra. Kampus mitra tersebut antara lain Universitas Krida Wacana, London School of Public Relations & Business Institute Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Langlang Buana Bandung, Universitas Bandar Lampung, STIE MARS Pematang Siantar, dan Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar.

Walau tak bisa hadir secara langsung di UKWMS, para mahasiswa diajak berkeliling kampus UKWMS melalui tayangan video. “Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung untuk para mahasiswa program PERMATA SAKTI di kampus UKWMS. Saya sangat mengapresiasi antusias para mahasiswa yang banyak mengambil mata kuliah lintas prodi, dan selamat menjalani perkuliahan satu semester di UKWMS,” ungkap Kuncoro mengawali sambutannya.

Beragam respon dari para peserta program PERMATA SAKTI pun muncul. Sherin Ariesta salah satunya. “Pada program ini saya harap bisa lebih mengembangkan potensi saya, menambah wawasan dan pengalaman untuk lebih siap ketika terjun ke masyarakat,” tutur mahasiswa semester lima dari Universitas Bandar Lampung. (Red)