Penghargaan Inovasi Perpustakaan UKWMS

Penghargaan Inovasi Perpustakaan UKWMS

(UKWMS – 16/12/2020) – Prestasi baru kembali menambah deretan prestasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Kali ini adalah Perpustakaan UKWMS mengukir prestasi Juara II East Java Academic Library Innovation Award (EVALIA) 2020. Penghargaan tersebut diberikan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur selaku penyelenggara pada Selasa (15/12) secara virtual, mengingat kondisi pandemi yang belum mereda.

Penghargaan EVALIA ini diberikan FPPTI kepada perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Timur yang dianggap memiliki inovasi atau kreativitas dalam pelayanan perpustakaan di masa pandemi. Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 memberikan dampak hampir di semua sektor usaha termasuk perguruan tinggi, sehingga seluruh layanan menjadi terbatas. Perpustakaan UKWMS pun harus berinovasi untuk tetap bisa memberikan pelayanan bagi sivitas akademika UKWMS dan masyarakat.

Agar tetap bisa memberikan pelayanan yang maksimal, Perpustakaan UKWMS menyusun layanan NOEL atau New Online Library Service. Diluncurkan pada bulan Juni 2020, layanan ini yang kemudian dipresentasikan saat penilaian. Melalui NOEL, pengunjung dapat mengakses enam layanan perpustakaan UKWMS secara online. “Ada enam layanan di dalam NOEL ini, mulai CiTA atau Similarity Check untuk mengecek kesamaan karya tulis, EcA atau E-Acquisition untuk pembinaan koleksi, pengadaan, dll, Esi atau E-Circulation untuk sirkulasi, kemudian VERO atau Verification of RepOsitory untuk layanan unggah mandiri, SaRI atau SeARching Information untuk pencarian katalog, database, dll, hingga LiTA atau Literation of Information untuk layanan e-Journal, ISBN, SINTA, dll,” jelas Josefine Hira Eksi, S.Sos., Kepala Perpustakaan UKWMS.

Penghargaan inovasi ini merupakan yang pertama kali bagi Perpustakaan UKWMS, dan tercetusnya NOEL juga merupakan bentuk kepedulian pustakawan. “Adanya NOEL ini kita ingin pemustaka atau pengunjung perpustakaan tetap bisa terlayani dalam hal akademik yang berkaitan dengan perpustakaan dalam berbagai kondisi, terlebih saat ini,” pungkas Hira – sapaan Josefine Hira.

Perpustakaan UKWMS sendiri kedepan akan terus mengembangkan beragam inovasi berbasis teknologi lainnya. Bahkan sebelum ada sistem NOEL, Perpustakaan UKWMS telah memberlakukan pembayaran denda melalui teknologi finansial hingga baru-baru ini juga telah menyediakan studio mini untuk mahasiswa maupun dosen yang akan semakin terbantu dalam pengerjaan tugas kuliah atau tugas pengajaran dalam membuat video pembelajaran. (Red)