PPG UKWMS Kukuhkan 198 Guru Profesional Indonesia

(UKWMS – 27/04/2024) – Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PPG FKIP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), menyelenggarakan kegiatan Pengukuhan dan Sumpah/Janji Guru untuk PPG dalam Jabatan. 

Program PPG dalam Jabatan ini diikuti para guru dari berbagai penjuru Indonesia. Dilaksanakan secara hybrid, prosesi pengukuhan secara luring diikuti 99 orang guru, dan daring sebanyak 99 orang guru. Total 198 orang guru dari angkatan 1 dan 2 tahun 2023. 

Pembacaan Ikrar Guru yang turut diikuti oleh Guru-guru yang hadir (dok. PKP UKWMS)

Pengukuhan dipimpin langsung oleh Drs. Kuncoro Foe, G.Dip. Sc. Ph.D., Apt selaku Rektor UKWMS, bersama Dr. V. Luluk Prijambodo, M.Pd., selaku Dekan FKIP UKWMS, dan M. G. Retno Palupi, M.Pd., Ketua Program Studi (Kaprodi) PPG. 

“Program PPG ini sangat diperlukan bagi para guru. Karena mereka akan diberikan pengetahuan dan pengajaran untuk meningkatkan kapasitas, dan kompetensi mereka sebagai guru maupun calon guru. Selain itu, mereka mendapatkan sertifikat pendidik agar tidak diragukan mutu dan kualitas mereka sebagai seorang guru,” jelas Kuncoro. 

“Harapannya, para guru jangan hanya berhenti disini, tetapi diteruskan dan menjadi pembelajar sepanjang hayat. Apa yang dipelajari disini, selama pendidikan tetap dilakukan saat mereka menjadi guru. Karena tantangan mereka itu berat, yaitu mendidik generasi muda bangsa dengan melakukan perencanaan dan melaksanakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatif, menginspirasi bagi para muridnya,” ujar Retno.

Semangat mengikuti pengukuhan secara luring, salah satu guru bahkan rela datang jauh-jauh dari tempat asalnya yaitu Medan, Sumatera Utara. “Yang menarik ada peserta yang jauh-jauh dari Sumatera Utara mengupayakan hadir ke sini, naik bus sampai empat hari padahal pakai Zoom bisa,” tuturnya. 

Pengukuhan kali ini terasa lebih meriah, karena semua bidang pendidikan dikukuhkan secara bersamaan. Terdapat empat bidang pendidikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika. 

Pembacaan Sumpah atau Janji Guru yang didampingi oleh pemuka agama dan diikuti oleh para Guru (dok. PKP UKWMS)

Melalui program dan sertifikasi ini, UKWMS bersama pemerintah turut membantu membenahi permasalahan dalam dunia pendidikan yang sudah mulai mengalami kesulitan dalam meregenerasi profesi guru di Indonesia. (KSVE/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang