Selamat Bergabung, Wimates!

Selamat Bergabung, Wimates!

(UKWMS-3/9/2020) – Lega dan bangga. Itulah dua kata yang menggambarkan perasaan seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan Pekan Pengenalan Kampus 2020 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (PPK 2020 UKWMS). Usai menyapa mahasiswa baru (maba) melalui kegiatan Pra-PPK selama lima minggu, Kamis (3/9) berakhir sudah kegiatan PPK 2020 UKWMS. Walau dilaksanakan secara tatap maya rangkaian kegiatan, baik PPK Universitas maupun Strategi Belajar di Perguruan Tinggi (SBPT) semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Rektor-rsz“Saya ucapkan beribu terima kasih untuk seluruh panitia yang terlibat dalam PPK 2020 ini, mungkin tanpa bantuan dan dukungan kalian semua kegiatan ini tidak bisa berjalan dengan sukses,” ujar Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., selaku Rektor UKWMS dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi PPK 2020. Total sebanyak 1.142 maba tercatat mengikuti PPK 2020.

Hal ini tentu tidak lepas dari proses berliku, kerja keras seluruh panitia, para dosen pendamping, dan mahasiswa pendamping. Sejak masa Pra-PPK berlangsung, rapat monitoring dan evaluasi digelar setiap minggunya. Pandemi Covid-19 yang belum usai, justru memacu ide kreatif panitia untuk tetap bisa menyambut maba dengan antusias melalui media daring. Bukan perkara mudah menyusun dan memproduksi konten yang menarik dan interaktif untuk para maba. Susunan acara SBPT pun turut menjadi perhatian. Memanfaatkan media daring dan teknologi, puluhan konten diproduksi guna memperkenalkan UKWMS kepada maba. Salah satunya menggunakan green screen (layar hijau).

Guna memperlancar pelaksanaan, sebanyak 22 ruangan disiapkan sebagai Media Centers  untuk melayani kegiatan PPK dan SBPT. Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik, dilakukan simulasi beberapa hari sebelum pelaksanaan. Tak kalah heboh, Ruang Rapat Rektorat pun disulap menjadi Media Center bagi PPK Universitas, lengkap dengan green screen, beberapa layar monitor dan pada satu waktu diadakan nobar (nonton bareng, Red) bagi para pimpinan fakultas untuk melihat tayangan PPK Universitas secara langsung.

“Ini merupakan pengalaman pertama mengadakan PPK secara daring, dan menggunakan tayangan interaktif. Kita tentu bangga dengan pencapaian ini, dan apresiasi untuk kita semua,” jelas Kuncoro. Suksesnya acara PPK 2020 secara daring ini tak membuat UKWMS berdiam diri, segera usai PPK, fakultas dan program studi bergegas menyambut mereka pada hari pertama perkuliahan. Tentu kami pun berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera hilang, agar bisa berjumpa serta berinteraksi dengan para maba. (Red)