UKWMS Lepas Sembilan Mahasiswa Peserta IISMA

UKWMS Lepas Sembilan Mahasiswa Peserta IISMA

(UKWMS – 19/8/2021) – Sebuah kebanggaan bagi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), sebanyak 13 mahasiswa berhasil terpilih mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Sembilan peserta diantaranya akan berangkat di semester gasal ini, sedangkan empat lainnya dijadwalkan berangkat pada semester genap mendatang. Walau diselenggarakan di tengah situasi pandemi, semangat para mahasiswa tidak pudar. IISMA sendiri merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diadakan sekali dalam setahun.

Para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi ini berasal dari berbagai fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Bisnis (FB), Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), dan Fakultas Kewirausahaan. Dari FKIP terpilih Louisa Alexis Tanuraharja, Komang Dita Irma Savitri, Erica Rosa Rubetta, Nadya Samantha Sudargo, Jesslyn dan Safira Titah Pramesti. Kemudian dari FF terpilih Brigita Connie Laydinia. Dari FT ada Tammy Laysandra. Lalu dari FB yang berhasil lolos ada Fransisca Grace Agustin Sitompul dan Gabriella Lisbeth Avriel Purwanto. Dari F.Psi ada Earlene Benedicta G. S. Rundengan. Dan dari Fikom terpilih Ignatia Sherinka Widyatheresa. Terakhir dari Fakultas Kewirausahaan terpilih Yuliana Puspa Dewi Rahardjo. Mereka akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di beberapa Negara tujuan, diantaranya Malaysia, Taiwan, Inggris, Belanda, Spanyol, Republik Ceko, Amerika Serikat, hingga Hungaria.

Foto bersama usai acara pelepasan mahasiswa peserta IISMA dari UKWMSMaka sehari setelah hari kemerdekaan Indonesia, UKWMS menggelar acara Pelepasan Mahasiswa Peserta Program IISMA secara daring bagi Sembilan peserta. “Setelah melalui proses yang panjang dan tidak mudah, terpilih 13 mahasiswa ini. Secara bergiliran mereka akan berangkat ke universitas tujuan dan mengikuti selama satu semester. Hal ini merupakan peluang yang sangat baik, terlebih universitas tujuan banyak menawarkan matakuliah yang menarik, sehingga nikmati proses yang kalian akan hadapi,” pesan Erlyn Erawan, Psy.D., Kepala Kantor Urusan Internasional UKWMS saat menyampaikan laporan.

Melalui kesempatan ini pula, UKWMS memberikan apresiasi untuk ketiga belas mahasiswa peserta program IISMA. Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Drs. Kuncoro Foe, G.Dip., Sc., Ph.D., Apt., Rektor UKWMS. “Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan untuk kalian peserta program,  IISMA, universitas tidak akan melakukan penagihan uang kuliah ketika kalian berangkat studi di luar negeri. Karena kami paham betul pegorbanan kalian tidak ringan dan mengingat pencapaian ini juga sebuah kebanggan untuk kami semua,” pungkas Kuncoro.

Peserta pertama yang akan berangkat terlebih dahulu di semesrer gasal ini adalah Jesslyn dari FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Ia akan berangkat pada 23 Agustus 2021 mendatang dengan universitas yang dituju adalah Michigan State University, Amerika Serikat. Adapun universitas tujuan lainnya yakni Universiti Sains Malaysia; National Taiwan University of Science and Technology; National Taiwan University; Lancaster University, Inggris; University of Leicester, Inggris; University of Leeds, Inggris; Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda; Universitat Pompeu Fabra, Spanyol; University of Granada, Spanyol; Palacky University Olomouc, Republik Ceko; dan University of Szeged, Hungaria. (Red)