Post-G: Gratitude Journal Berbasis Android

Post-G: Gratitude Journal Berbasis Android

Sesi Webinar bersama Amazon Web Services(UKWMS – 9/11/2021) – Post-G salah satu tim binaan Pusat Inovasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil lolos seleksi program inkubasi bisnis DSLaunchPad 3.0. Program kolaborasi Daily Social dan Amazon Web Service (AWS) Indonesia ini, merupakan program akselerasi start up dalam kurun waktu empat minggu. Formatnya inkubasi intensif, serta pembinaan mentoring dari pakar-pakar industri teknologi di Indonesia.

Pada sesi materi DSLaunchPad 3.0, tim diberikan materi-materi seputar market validation, kesesuaian produk dengan pasar, bagaimana kerja tim dapat berjalan efektif, serta mempersiapkan jika start up bertemu dengan investor maka start up tersebut telah memenuhi kriteria penggalangan dana di tahap berikutnya. Inkubasi dimulai pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu, hingga 19 November 2021. Terdapat 110 tim yang lolos seleksi dari total 400 pendaftar dari seluruh Indonesia.

Post-G, merupakan aplikasi jurnal kebersyukuran (gratitude journal) berbasis android, yang digagas oleh tigaLogo Post-G mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS yakni Chris Ophyra Jeremiah, Jennifer Averina Hadinata, dan Helen Susanti. Aplikasi Post-G dikembangkan pada pertengahan tahun 2021 dibimbing oleh Deatri Arumsari Agung, S.E., M.Sc., dosen Fakultas Bisnis UKWMS, dan dimentori oleh Samsul Qomar, founder Agendakota.id.

Keresahan yang mendasari munculnya aplikasi Post-G adalah karena banyak sekali orang mengidap gangguan mental dan diperkirakan meningkat setiap tahun. Dari World Health Organization (2019) sekitar 300 juta orang mengidap depresi di seluruh dunia dan setiap 40 detik terjadi kasus bunuh diri di seluruh dunia yang diakibatkan oleh depresi. “Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 15.6 juta yang mengalami depresi. Banyak sekali orang yang selalu lupa untuk mengucap syukur, dan lebih sibuk untuk membandingkan keadaan yang sedang mereka alami dengan keadaan orang lain yang menurut pandangan mereka lebih beruntung,” ungkap Chris.  

Maka salah satu solusi agar orang berperilaku positif dan menyenangkan serta dapat menikmati hidup dengan lebih santai, seseorang perlu untuk memiliki perasaan positif dan bahagia dalam hidup ini. “Perasaan tersebut bisa didapatkan dengan salah satu cara yaitu diperlukan rasa syukur yang dapat dilakukan rutin. Sehingga membuat aplikasi gratitude journal yang bernama Post-G dengan kepanjangan be positive be grateful. Dengan menggunakan aplikasi ini seseorang akan lebih mudah untuk menuliskan gratitude journal mereka secara rutin,” papar Jennifer mengenai aplikasinya.

Pencapaian Post-G pun diharapkan mampu menginspirasi mahasiswa lainnya yang memiliki usaha rintisan. “Pusat Inovasi sebagai wadah pembinaan bisnis mahasiswa berharap ke depannya akan lebih banyak lagi ide-ide yang dapat direalisasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkas Yuliasti Ika Handayani, SE., MM. (Yuliasti Ika/Red)